Dampak Kecanduan Handphone pada Siswa Sekolah Dasar Pasca Pembelajaran Daring
Abstract
Kecanduan Handphone semakin marak terjadi karena akibat dari COVID-19 yang mengakibatkan sistem pembelajaran berubah menjadi daring. Daring merupakan pembelajaran yang dilakukan menggunakan media teknologi salah satunya adalah handphone. Namun pembelajaran daring yang terjadi tidak berjalan dengan maksimal dan orang tua membiarkan anak bermain handphone tanpa batasan, sehingga kecanduan handphone terjadi pada siswa yang memunculkan berbagai dampak negatif maupun positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai dampak kecanduan handphone pada siswa sekolah dasar pasca pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Situbondo. Terdapat 5 siswa yang mengalami kecanduan handphone yang peneliti temukan dengan menggunakan metode snowball sampling. Hasil penelitian berupa dampak negatif yaitu mengalami tantrum, berkata kasar, terlambat membaca, malas beraktivitas, gangguan penglihatan, menutup diri. Sedangkan dampak positifnya sebagai media pembelajaran, meningkatnya imajinasi anak, dan mempermudah komunikasi.
