Pengembangan Media Pembelajaran Audio Book Berbasis Nilai-nilai Karakter pada Pelajaran PPKn Unit 1 Pembelajaran 3 untuk Kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember ditemukan permasalahan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, yakni nilai UH pada unit 1 pembelajaran 3 tidak mencapai KKTP, peserta didik tidak aktif, merasa bosan karena pembelajarannya yang monoton, dan media pembelajaran yang digunakan hanya media gambar. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan cara mengembangkan media pembelajaran digital berupa Audio Book. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan produk yang akan digunakan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dengan melalui uji ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) oleh Borg and Gall dengan 8 tahapan prosedur penelitian, diantaranya: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk
awal; (5) revisi produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi produk pengembangan; dan (8) uji coba keefektifan. Objek dalam penelitian ini proses pembelajaran peserta didik kelas IVA dan IVB SDN Sumbersari 03 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, angket, lembar validasi, dokumentasi, dan tes. Hasil validasi produk media pembelajaran Audio Book berbasis nilai-nilai karakter dinyatakan valid sebab mendapatkan nilai 78. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk masuk dalam kategori layak. Hasil uji keefektifan relatif menunjukkan hasil 33,01% dengan kategori keefektifan rendah dan uji kepraktisan memperoleh hasil 88,96% dengan kategori sangat praktis. Maka dari itu, produk pengembangan Audio Book berbasis nilai-nilai karakter layak digunakan dalam pembelajaran.