Implementasi Manajemen Talenta pada PT Kampung Coklat Blitar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen talenta pada PT Kampung Coklat Blitar yang berfokus pada rekrutmen, pengembangan, dan retensi karyawan untuk mengembangkan kompetensi guna meningkatkan kualitas layanan di sektor pariwisata pendidikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen talenta oleh Sule & Wahyuningtyas (2016), kompetensi oleh SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), dan kualitas layanan oleh Utami dkk., (2019). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen talenta dilakukan melalui rekrutmen eksternal dan internal untuk menemukan talenta yang sesuai dengan standar layanan perusahaan. Manajemen kinerja berpedoman pada SOP yang diukur dengan penilaian kinerja yang hasilnya digunakan sebagai bahan evaluasi, pemetaan talenta, dan pemberian program pengembangan untuk meningkatkan kompetensi. Untuk mempertahankan karyawan yang berbakat, perusahaan menawarkan jenjang karier yang jelas, gaji bulanan, penghargaan, serta menanamkan persepsi dan ideologi melalui kerja sama timbal balik dan membangun rasa memiliki bahwa semua karyawan adalah keluarga sehingga mereka dapat berbagi pengetahuan dengan pengunjung. Penerapan manajemen talenta terbukti dapat mengembangkan kompetensi karyawan yang pada akhirnya meningkatkan kualitas layanan melalui aspek keandalan, keterukuran, daya tanggap, kepastian, dan empati.
