• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Menentukan Ide Pokok dan Pendukung Paragraf dalam Teks Informatif Siswa Kelas IV di SDN Sumbersari 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    200210204035doc.pdf (4.249Mb)
    Date
    2024-08-16
    Author
    PRIYATNO, Larasati Nurisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar (SD) merupakan landasan utama dalam membentuk keterampilan berbahasa yang baik dan benar. Permasalahan yang muncul saat pembelajaran yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, sehingga hasil belajar pada materi menentukan ide pokok dan pendukung paragraf masih berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap hasil belajar materi menentukan ide pokok dan pendukung paragraf dalam teks informatif siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen menggunakan pola non-equivalent control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji hipotesis dan uji keefektifan relatif. Hasil uji validasi dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen tes yang digunakan yaitu valid dan reliabel. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol melalui uji homogenitas. Analisis data pada uji-t melalui persyaratan uji normalitas dengan nilai signifikansi kelas eksperimen sebesar 0,162 dan kelas kontrol sebesar 0,228, sehingga dinyatakan berdistribusi normal. Hasil analisis data dari uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga 1,930 > 1,676, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan teknik mind mapping terhadap hasil belajar menentukan ide pokok dan pendukung paragraf dalam teks informatif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128261
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15734]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository