Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Menentukan Ide Pokok dan Pendukung Paragraf dalam Teks Informatif Siswa Kelas IV di SDN Sumbersari 01 Jember
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar (SD) merupakan landasan utama dalam membentuk keterampilan berbahasa yang baik dan benar. Permasalahan yang muncul saat pembelajaran yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, sehingga hasil belajar pada materi menentukan ide pokok dan pendukung paragraf masih berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap hasil belajar materi menentukan ide pokok dan pendukung paragraf dalam teks informatif siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen menggunakan pola non-equivalent control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji hipotesis dan uji keefektifan relatif. Hasil uji validasi dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen tes yang digunakan yaitu valid dan reliabel. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol melalui uji homogenitas. Analisis data pada uji-t melalui persyaratan uji normalitas dengan nilai signifikansi kelas eksperimen sebesar 0,162 dan kelas kontrol sebesar 0,228, sehingga dinyatakan berdistribusi normal. Hasil analisis data dari uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga 1,930 > 1,676, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan teknik mind mapping terhadap hasil belajar menentukan ide pokok dan pendukung paragraf dalam teks informatif.