Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Studi Kasus Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Bondowoso pada Mata Pelajaran Akuntansi Materi Kas Bank)
Abstract
Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki siswa pada abad 21 adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi, termasuk kemampuan berpikir analitis. Oleh karena itu, guru perlu mendorong kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat yaitu problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis siswa melalui model problem based learning (studi kasus siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Bondowoso pada mata pelajaran akuntansi kas bank). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penentuan populasi dan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Data diperoleh melalui metode tes, wawancara, observasi, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI AKL2 SMK Negeri 1 Bondowoso sebesar 79% dengan kategori tinggi. Berdasarkan beberapa indikator yaitu membedakan memperoleh skor 89% dengan kategori tinggi, pengorganisasian memperoleh skor 80% dengan kategori tinggi, dan mengatribusi memperoleh skor 67% dengan kategori sedang.