Pengaruh Promosi, Nilai Pelanggan dan Kedekatan Emosional Nasabah Bank BRI di Jember
Abstract
Pertengahan tahun 2020 saat terjadi pandemi Covid-19 sektor perekonomian terjadi penurunan. Pada sektor perekonomian dunia akhir November 2021 The FED mengambil keputusan pengetatan kebijakan moneternya, dimana mereka menaikkan suku bunga serta membuat kebijakan tapering off atau pengurangan stimulus secara besar besaran. Dengan adanya penurunan tersebut diperlukan adanya strategi pemasaran yang tepat agar di sektor perbankan tidak terjadi penurunan nasabah. Guna memenangkan persaingan, maka pihak perbankan berusaha untuk melayani konsumen dengan lebih baik, agar konsumen merasa puas dan loyal terhadap bank.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, nilai pelanggan, dan kedekatan emosional terhadap loyalitas nasabah bank bri di jember. Penelitian ini merupakan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BRI di Jember. Metode sampling yang digunakan non-probability sampling dengan teknik y purposive sampling. Dengan jumlah sampel 156 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan pengolahan data menggunakan software SPSS 26. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, nilai pelanggan, dan kedekatan emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil uji t hitung dan F hitung bernilai lebih besar dari t tabel dan F tabel hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi, nilai pelanggan, dan kedekatan emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Kata kunci : Kedekatan Emosional, Nilai Pelanggan, Promosi