dc.contributor.author | ZAHRA, Fathimatuz | |
dc.date.accessioned | 2025-09-15T06:56:33Z | |
dc.date.available | 2025-09-15T06:56:33Z | |
dc.date.issued | 2025-02-03 | |
dc.identifier.nim | 210210205064 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128156 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 September 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Usia dini adalah masa fondasi dasar dalam pertumbuhan dan perkembangan
anak. Aspek perkembangan anak perlu distimulasi secara menyeluruh agar
memberikan hasil yang maksimal bagi pembentukan karakter anak. Karakter
menjadi bagian integral dari proses tumbuh kembang anak. Salah satu bagian dari
karakter yang penting adalah sikap empati. Dalam proses tumbuh kembang anak
perlu distimulasi juga karakternya berupa sikap empati. Empati merupakan salah
satu dari karakter baik yang harus ditanamkan sejak dini dalam kehidupan manusia.
Hal tersebut dikarenakan pembekalan sikap empati sedini mungkin dapat mencegah
hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya penyimpangan perilaku. Berdasarkan hasil
pengamatan yang dilakukan di bulan Agustus 2024 pada kelompok B di TK
Dharma Indria 1, terdapat permasalahan yang berkaitan dengan sikap empati anak.
Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin menguji seberapa efektif penggunaan
media buku cerita anak berbasis AR yang telah disertai dengan audio-visual 2D
dalam menstimulasi karakter anak berupa sikap empati.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, “Apakah penggunaan The
Golden Rule an Alpha Book berbasis Augmented Reality efektif sebagai media
stimulasi empati anak di TK Dharma Indria 1 Jember?” adapun tujuan yang ingin
dicapai pada penelitian ini, yaitu untuk menguji efektivitas penggunaan The Golden
Rule an Alpha Book berbasis Augmented Reality sebagai media stimulasi empati
anak di TK Dharma Indria 1 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental
dengan pola pra eksperimental. Perancangan penelitian ini menggunakan
pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel yang
digunakan dalam penelitian adalah seluruh anak kelas B TK Dharma Indria 1
Jember yang berjumlah 19 anak. Sumber data penelitian ini didapat dari peserta didik kelompok B, yaitu hasil pretest dan posttest dalam melakukan treatment untuk
mengetahui adanya peningkatan atau tidak dari penggunaan The Golden Rule an
Alpha Book. Pengambilan data dilakukan selama 5 hari. Hari pertama dilakukan
pretest, dilanjutkan pada hari ke 2-4 melakukan treatment 3 kali pertemuan dengan
menggunakan The Golden Rule Alpha Book, dan hari ke-lima mengadakan posttest.
Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 27 untuk melakukan uji hipotesis
Wilcoxon Signed Rank Test.
Berdasarkan hasil data penelitian yang dilaksanakan, nilai rata-rata pretest
sebesar 56,89 dan setelah mendapatkan treatment nilai rata-rata posttest menjadi
81,32. Berdasarkan hasil perbandingan nilai rata-rata pretest dan posttest terdapat
peningkatan sebesar 24,43. Sedangkan, hasil perhitungan nilai signifikansi dengan
menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test melalui SPSS versi 27 mendapatkan nilai
0,001. Nilai signifikansi 0,0010,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil
tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan yang berarti penggunaan The
Golden Rule an Alpha Book berbasis Augmented Reality efektif sebagai media
stimulasi empati anak di TK Dharma Indria 1 Jember.
Kelemahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan treatment hanya
berlangsung satu kali untuk satu anak sehingga saran perbaikan untuk penelitian
selanjutnya adalah dapat menerapkan penggunan media The Golden Rule an Alpha
Book sesering mungkin dengan minimal tiga kali treatment untuk satu anak, hal ini
dimaksudkan agar dapat melihat lebih jauh efektivitas dari media itu sendiri. Selain
itu, saran dari penelitian ini juga ditujukan pada guru dalam menerapkan media The
Golden Rule an Alpha Book disesuaikan dengan langkah-langkah penerapan, yaitu:
1) anak dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil; 2) menyimak buku cerita yang
telah dibacakan; 3) setiap anak berinteraksi dengan scene AR; dan 4) memahami
pesan dari isi cerita melalui diskusi kecil tentang sikap empati anak, berupa: a) anak
turut merasa senang ketika ada teman yang berbahagia; c) anak menghibur teman
yang sedang merasa sedih; 3) anak membantu teman yang sedang kesulitan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Anak usia dini | en_US |
dc.subject | empati | en_US |
dc.subject | The Golden Rule an Alpha Book Berbasis Augmented Reality | en_US |
dc.title | Efektivitas Penggunaan The Golden Rule an Alpha Book Berbasis Augmented Reality sebagai Media Stimulasi Empati Anak di TK Dharma Indria 1 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Rudy K | en_US |