Show simple item record

dc.contributor.authorZAHRA, Fathimatuz
dc.date.accessioned2025-09-15T06:56:33Z
dc.date.available2025-09-15T06:56:33Z
dc.date.issued2025-02-03
dc.identifier.nim210210205064en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128156
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 September 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractUsia dini adalah masa fondasi dasar dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Aspek perkembangan anak perlu distimulasi secara menyeluruh agar memberikan hasil yang maksimal bagi pembentukan karakter anak. Karakter menjadi bagian integral dari proses tumbuh kembang anak. Salah satu bagian dari karakter yang penting adalah sikap empati. Dalam proses tumbuh kembang anak perlu distimulasi juga karakternya berupa sikap empati. Empati merupakan salah satu dari karakter baik yang harus ditanamkan sejak dini dalam kehidupan manusia. Hal tersebut dikarenakan pembekalan sikap empati sedini mungkin dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya penyimpangan perilaku. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di bulan Agustus 2024 pada kelompok B di TK Dharma Indria 1, terdapat permasalahan yang berkaitan dengan sikap empati anak. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin menguji seberapa efektif penggunaan media buku cerita anak berbasis AR yang telah disertai dengan audio-visual 2D dalam menstimulasi karakter anak berupa sikap empati. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, “Apakah penggunaan The Golden Rule an Alpha Book berbasis Augmented Reality efektif sebagai media stimulasi empati anak di TK Dharma Indria 1 Jember?” adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini, yaitu untuk menguji efektivitas penggunaan The Golden Rule an Alpha Book berbasis Augmented Reality sebagai media stimulasi empati anak di TK Dharma Indria 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental dengan pola pra eksperimental. Perancangan penelitian ini menggunakan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh anak kelas B TK Dharma Indria 1 Jember yang berjumlah 19 anak. Sumber data penelitian ini didapat dari peserta didik kelompok B, yaitu hasil pretest dan posttest dalam melakukan treatment untuk mengetahui adanya peningkatan atau tidak dari penggunaan The Golden Rule an Alpha Book. Pengambilan data dilakukan selama 5 hari. Hari pertama dilakukan pretest, dilanjutkan pada hari ke 2-4 melakukan treatment 3 kali pertemuan dengan menggunakan The Golden Rule Alpha Book, dan hari ke-lima mengadakan posttest. Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 27 untuk melakukan uji hipotesis Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil data penelitian yang dilaksanakan, nilai rata-rata pretest sebesar 56,89 dan setelah mendapatkan treatment nilai rata-rata posttest menjadi 81,32. Berdasarkan hasil perbandingan nilai rata-rata pretest dan posttest terdapat peningkatan sebesar 24,43. Sedangkan, hasil perhitungan nilai signifikansi dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test melalui SPSS versi 27 mendapatkan nilai 0,001. Nilai signifikansi 0,0010,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan yang berarti penggunaan The Golden Rule an Alpha Book berbasis Augmented Reality efektif sebagai media stimulasi empati anak di TK Dharma Indria 1 Jember. Kelemahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan treatment hanya berlangsung satu kali untuk satu anak sehingga saran perbaikan untuk penelitian selanjutnya adalah dapat menerapkan penggunan media The Golden Rule an Alpha Book sesering mungkin dengan minimal tiga kali treatment untuk satu anak, hal ini dimaksudkan agar dapat melihat lebih jauh efektivitas dari media itu sendiri. Selain itu, saran dari penelitian ini juga ditujukan pada guru dalam menerapkan media The Golden Rule an Alpha Book disesuaikan dengan langkah-langkah penerapan, yaitu: 1) anak dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil; 2) menyimak buku cerita yang telah dibacakan; 3) setiap anak berinteraksi dengan scene AR; dan 4) memahami pesan dari isi cerita melalui diskusi kecil tentang sikap empati anak, berupa: a) anak turut merasa senang ketika ada teman yang berbahagia; c) anak menghibur teman yang sedang merasa sedih; 3) anak membantu teman yang sedang kesulitan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectAnak usia dinien_US
dc.subjectempatien_US
dc.subjectThe Golden Rule an Alpha Book Berbasis Augmented Realityen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan The Golden Rule an Alpha Book Berbasis Augmented Reality sebagai Media Stimulasi Empati Anak di TK Dharma Indria 1 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record