Pengembangan Media Pembelajaran GECO (Geography Comic) Berbasis Instagram pada Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia pada Pembelajaran Geografi Siswa SMA
Abstract
Perkembangan teknologi informasi terus menuntut individu untuk
mengembangkan pembelajaran dengan menggabungkan ilmu pengetahuan dan
inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media GECO (Geography
Comic) sebagai media pembelajaran digital berbasis media sosial instagram yang
berisi materi persebaran flora dan fauna. Jenis penelitian ini menggunakan model
penelitian 4D yang melewati beberapa tahapan yaitu Tahap Define, Design,
Develop, Dissiminate. Validasi dilakukan oleh beberapa validator ahli yaitu Ahli
media, Ahli Materi dan Ahli Praktisi Pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media GECO (Geography Comic) sangat valid untuk diimplementasikan
dengan perolehan nilai dari validator ahli media 3.82, ahli materi 3.90 dan ahli
praktisi pembelajaran 3.70. Perolehan nilai dari respon siswa Uji Coba Kecil yaitu
3.70 dan respon siswa uji coba besar yaitu 3.69. Hasil belajar pada penelitian ini
mencapai nilai rata-rata keseluruhan yaitu 80,28. Pengembangan GECO
(Geography Comic) mendapatkan respon positif dari analisis tingkat kebutuhan
siswa dan mendapatkan validasi kategori sangat layak untuk diimplementasikan
didalam proses pembelajaran geografi siswa SMA.