Preferensi dan Kepuasan Konsumen Rumah Tangga Terhadap Pembelian Beras Kemasan di Kabupaten Jember
Abstract
Pentingnya memahami preferensi dan kepuasan konsumen terhadap atribut beras karena konsumen mempertimbangkan dan memerhatikan atribut-atribut ini sebelum melakukan pembelian, sesuai dengan kebutuhan mereka untuk mencapai kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pereferensi dan kepuasan konsumen rumah tangga terhadap pembelian beras kemasan di Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan analitik dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling masing-masing 30 respoden untuk Pasar Tanjung dan Golden Market Jember. Sampel memiliki kriteria konsumen wanita yang telah menikah. Analisis data menggunakan analisis konjoin, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Important Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian diketahui beras kemasan yang menjadi preferensi konsumen di Kabupaten Jember adalah beras kemasan yang mempunyai kualitas premium, bertekstur sangat pulen, berwarna putih gading, berukuran kemasan 2,5 kg, harga dibawah Rp. 12.000/kg, dan berlokasi di pasar modern. Urutan atribut beras kemasan yang paling dipertimbangkan adalah kemasan, harga, kualitas, lokasi pembelian, tekstur dan warna. Sedangkan tingkat kepuasan konsumen terhadap pembelian beras kemasan pada pasar modern tergolong dalam kategori sangat puas yaitu sebesar 84.74. Sedangkan, pada pasar tradisional tergolong dalam kategori puas yaitu sebesar 80.91. Hasil perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa kinerja yag dianggap penting namun memiliki kinerja yang rendah oleh responden adalah kualitas, sehingga harus ditingkatkan lagi.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4509]