Peran Memorable Tourism Experience sebagai Mediasi Pengaruh Komponen Pariwisata terhadap Revisit Intention dengan Variabel Moderasi Need for Uniqueness pada Blue Diamond Beach
Abstract
Pariwisata adalah serangkaian fenomena terkait yang muncul dari interaksi yang terjadi terkait dengan fenomena budaya, ekonomi, dan sosial oleh wisatawan domestik dan mancanegara, pemangku kepentingan bisnis, pemerintah, dan masyarakat tuan rumah dalam proses kunjungan wisatawan. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah karena kondisi geografis yang meliputi pegunungan, hutan hujan tropis, pantai, dan lautan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sektor yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Letak geografis Kabupaten Jember menjadikan pantai sebagai salah satu tujuan wisata pilihan wisatawan dari dalam dan sekitar Kabupaten Jember; dengan banyaknya pilihan yang tersedia, ada beberapa pantai yang menjadi tujuan wisata yaitu Pantai Papuma, Pantai Payangan, dan Pantai Watu Ulo. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komponen pariwisata yang terdiri dari attraction, accessibility, amenities dan ancillaries. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran variabel intervening yaitu memorable tourism experience dalam kaitannya dengan revisit intention dengan menggunakan variabel need for uniqueness sebagai variabel moderasi.
Penelitian ini merupakan explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung wisata Blue Diamond Beach yang meliputi Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo, dan Pantai Payangan yang telah melakukan perjalanan 2 kali atau lebih. Jumlah sampel sebanyak 130 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode statistik inferensial model persamaan struktural–partial least square (SEM-PLS) dengan menggunakan
perangkat lunak SmartPLS versi 3.3.9. Hasil penelitian ini telah menjawab tujuan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh attraction, accessibility, amenities dan ancillaries secara langsung maupun tidak langsung terhadap memorable tourism experience. Attraction berpengaruh pada memorable tourism experience; Pengaruh ini menunjukkan bahwa suatu destinasi yang memiliki daya tarik atau berbagai atribut dalam pariwisata akan lebih berpengaruh dalam membentuk pengalaman yang dimiliki wisatawan. Temuan tentang pengaruh memorable tourism experience terhadap revisit intention, serta revisit intention yang dimoderatori oleh need for uniqueness, juga memiliki atau mendeskripsikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian menyatakan bahwa memorable tourism experience mampu membentuk revisit intention.
Collections
- MT-Management [555]
