Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Hajar Sahana
dc.date.accessioned2025-09-01T02:39:37Z
dc.date.available2025-09-01T02:39:37Z
dc.date.issued2023-04-10
dc.identifier.nim190210104066en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128015
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 31 Mei 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Upaya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan mengembangkan bahan ajar E-Modul. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan E-Modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, dan Society) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain pengembangan ADDIE oleh Branch (2009) yang tahapannya meliputi analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Perancangan E-Modul memanfaatkan software Flip PDF Professional untuk memperbaiki tampilan E-Modul menjadi lebih menarik dan bervariasi. Hasil kajian pengembangan ini meliputi hasil validitas, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan E-Modul berbasis SETS. Validitas E-Modul memperoleh persentase 82% pada kriteria sangat valid, kepraktisan pembelajaran memperoleh persentase 91,42% pada kategori sangat praktis, hasil N-Gain pada efektivitas tes memperoleh skor. 0,77 pada kategori tinggi, serta efektivitas respon siswa mendapat persentase 81,67% pada kategori respon sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data pada validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-Modul berbasis SETS membuktikkan bahwa E-Modul yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuann berpikirr kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Rusdianto, S.Pd., M.Kes.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-MODULen_US
dc.subjectSETSen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectADDIEen_US
dc.titlePengembangan E-Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rusdianto, S.Pd., M.Kes.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationAura_Taufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record