Pengaruh Penerapan Asesmen Berbantuan Quizizz pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan penilaian berbantuan Quizizz dalam model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah menengah. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen dengan 33 siswa dan kelas kontrol dengan 34 siswa di kelas X IPA di MAN 1 Jember, yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sejati dengan desain kelompok kontrol post-test saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, post-test, kuesioner motivasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dampak signifikan penerapan penilaian berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah. Temuan menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan motivasi belajar di kelas eksperimen memiliki persentase rata-rata sebesar 75,22% yang diklasifikasikan sebagai termotivasi, sedangkan kelas kontrol memiliki 39,83% yang diklasifikasikan sebagai kurang termotivasi. Hasil belajar untuk kelas eksperimen menunjukkan skor rata-rata post-test untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 75,82% dan 71,50%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada dampak signifikan penerapan penilaian berbantuan Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah menengah.