• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Asesmen Berbantuan Quizizz pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Ifadatul Khikma_083.pdf (1.306Mb)
    Date
    2024-07-16
    Author
    KHIKMA, Ifadatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan penilaian berbantuan Quizizz dalam model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah menengah. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen dengan 33 siswa dan kelas kontrol dengan 34 siswa di kelas X IPA di MAN 1 Jember, yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sejati dengan desain kelompok kontrol post-test saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, post-test, kuesioner motivasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dampak signifikan penerapan penilaian berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah. Temuan menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan motivasi belajar di kelas eksperimen memiliki persentase rata-rata sebesar 75,22% yang diklasifikasikan sebagai termotivasi, sedangkan kelas kontrol memiliki 39,83% yang diklasifikasikan sebagai kurang termotivasi. Hasil belajar untuk kelas eksperimen menunjukkan skor rata-rata post-test untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 75,82% dan 71,50%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada dampak signifikan penerapan penilaian berbantuan Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah menengah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128010
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository