Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berorientasi Pencegahan Bullying Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV dalam Materi Pancasila sebagai Nilai Kehidupan
Abstract
Media pembelajaran ular tangga berorientasi pencegahan bullying merupakan media yang sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi unit 1. Ular tangga didesain dengan baik yang mengintegrasikan bullying dalam pembelajaran. Guru belum maksimal dalam memanfaatkan media sehingga berdampak pada perilku dan hasil belajar yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media ular tangga berorientasi pencegahan bullying terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Borg and Gall. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV A dan IV B. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan validasi produk, uji t-test, uji keefektifan, tingkat keefektifan relatif, angket respons peserta didik, dan kepraktisan. Hasil validasi produk oleh 3 validator yaitu 93,47 dengan kategori sangat layak. Uji t dengan hasil t hitung lebih besar daripada t tabel (9,465>1,675) kemudian diuji keefektifan relatif sebesar 42% dengan kategori sedang. Perhitungan angket respons peserta didik mendapat skor 95,62 terkategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media ular tangga berorientasi pencegahan bullying valid, efektif, dan praktis untuk pembelajaran.