• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berorientasi Pencegahan Bullying Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV dalam Materi Pancasila sebagai Nilai Kehidupan

    Thumbnail
    View/Open
    ATIKA SEPTIARNI_200210204127_SKRIPSI FINAL.pdf (5.223Mb)
    Date
    2024-06-25
    Author
    SEPTIARNI, Atika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media pembelajaran ular tangga berorientasi pencegahan bullying merupakan media yang sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi unit 1. Ular tangga didesain dengan baik yang mengintegrasikan bullying dalam pembelajaran. Guru belum maksimal dalam memanfaatkan media sehingga berdampak pada perilku dan hasil belajar yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media ular tangga berorientasi pencegahan bullying terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Borg and Gall. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV A dan IV B. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan validasi produk, uji t-test, uji keefektifan, tingkat keefektifan relatif, angket respons peserta didik, dan kepraktisan. Hasil validasi produk oleh 3 validator yaitu 93,47 dengan kategori sangat layak. Uji t dengan hasil t hitung lebih besar daripada t tabel (9,465>1,675) kemudian diuji keefektifan relatif sebesar 42% dengan kategori sedang. Perhitungan angket respons peserta didik mendapat skor 95,62 terkategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media ular tangga berorientasi pencegahan bullying valid, efektif, dan praktis untuk pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128007
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository