• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Reinforcement dan Keterlibatan Ayah pada Pengasuhan Anak Tunagrahita di Kota Kediri

    Thumbnail
    View/Open
    Fany Alifia_Skripsi_170910302075.pdf (708.5Kb)
    Date
    2024-06-24
    Author
    MAHMUDAH, Fany Alifia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pembentukan reinforcement yang dilakukan oleh ayah terhadap anak tunagrahita menggunakan pisau analisis teori Behavioral Sosiologi dari B. F Skinner. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sehingga mampu menggali lebih dalam bagaimana suatu fenomena bisa terjadi. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling, yaitu dengan memilih informan yang dianggap dan dipercaya mengetahui masalah yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi serta dilengkapi dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat reinforcement yang dilakukan ayah dalam mendukung perkembangan kemandirian dan bersosialisasi anak tunagrahita. Peran ayah serta dukungan ibu, keluarga, dan guru sebagai pengasuh di sekolah sangat dilibatkan dalam mengasuh anak tunagrahita pada aspek kemandirian. Hasil kemandirian pada anak tunagrahita merupakan porses berkelanjutan yang diajarkan di sekolah yang kemudian diberi penguatan oleh ayah di rumah. Penerapan reinforcement yang dilakukan oleh ayah, yaitu: (1) memberikan pujian seperti jempol dua jika anak berhasil mengerjakan sesuatu tanpa dibantu, (2) mengajak jalan-jalan anak agar tidak malu bertemu dengan orang dan menjadi proses bersosialisasi, (3) memberikan contoh yang berulang dalam menerapkan kemandirian anak, (4) mengajak ngobrol sebelum tidur dan memberi afirmasi. Hukuman yang diberikan oleh ayah adalah dengan menegur dan memberi tahu yang benar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128004
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5753]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository