Show simple item record

dc.contributor.authorSYAHUDA, Anggi Yuniar
dc.date.accessioned2025-08-28T05:12:10Z
dc.date.available2025-08-28T05:12:10Z
dc.date.issued2023-07-17
dc.identifier.nim192310101095en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127995
dc.descriptionValidasi_firli_1_september_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 28 Agustus 2025en_US
dc.description.abstractKeselamatan pasien masih menjadi isu penting dan mendasar bagi setiap layanan kesehatan yang harus tercipta sebagai budaya secara konsisten dan berlanjut. Keselamatan pasien mempunyai 6 sasaran salah satunya yaitu Identifikasi pasien dengan menggunakan gelang identitas. Pemakaian gelang identitas termasuk salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan keselamatan pasien kepada setiap pasien rawat inap. Pelayanan keperawatan yang berkualitas menjadi faktor penentu tingkat kepuasan pasien dimana semakin baik pelayanan yang diberikan akan meningkatkan kepuasan pasien utamanya dalam peningkatan keselamatan pasien. Persepsi memiliki peranan dalam penilaian layanan kesehatan utamanya tindakan identifikasi pasien. Dengan mengetahui persepsi dari pasien terhadap pemakaian gelang tangan sebagai metode identifikasi pasien, tenaga kesehatan utamanya perawat dapat meningkatkan kembali kualitas pelaksanaan identifikasi pasien menggunakan gelang secara tepat dan benar sehingga dapat membuat pasien menjadi lebih nyaman dan puas terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis persepsi pasien dalam pemakaian gelang tangan sebagai metode identifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan studi deskriptif. Populasi dan sampel pada penelitian ini pasien ruang rawat inap. Jumlah sampel sebanyak 96 pasien dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner karakteristik responden dan persepsi pasien. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis univariat. Penyajian data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase. Hasil persepsi pasien dalam pemakaian gelang tangan sebagai metode identifikasi secara keseluruhan memiliki persepsi dalam kategori baik mencapai angka 96,9%. Persepsi pasien dalam pemakaian gelang tangan sebagai metode identifikasi berdasarkan indikator bukti langsung (Tangibles) memiliki kategori persepsi baik dengan persentase 93,8%, persepsi pasien menurut indikator kehandalan (Reliability) dalam kategori baik mencapai angka 62,5%, pada indikator jaminan (Assurance) pasien memiliki kategori persepsi baik dengan nilai 82,3%, selanjutnya pada indikator daya tanggap (Responsiveness) dan empati (Empathy) persepsi pasien dalam kategori baik dengan angka 95,8%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian mengenai persepsi pasien dalam pemakaian gelang tangan sebagai metode identifikasi pasien mayoritas memiliki persepsi baik, hasil penelitian memberikan gambaran bahwa persepsi pasien yang baik dapat terbentuk dari interpretasi dan pengalaman pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Sehingga dari persepsi pasien tersebut dapat dijadikan evaluasi dalam meningkatkan keselamatan pasien yang membuat pasien nyaman.en_US
dc.description.sponsorshipNs. Nurfika Asmaningrum, S.Kep., M.Kep., Ph.D Ns. Kholid Rosyidi M.N., S. Kep., MNSen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keperawatanen_US
dc.subjectKESELAMATAN PASIENen_US
dc.subjectIDENTIFIKASI PASIENen_US
dc.subjectGELANG IDENTITAS PASIENen_US
dc.titlePersepsi Pasien dalam Pemakaian Gelang Tangan sebagai Metode identifikasi di Ruang Rawat Inap Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Keperawatanen_US
dc.identifier.pembimbing1Ns. Nurfika Asmaningrum, S.Kep., M.Kep., Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Ns. Kholid Rosyidi M.N., S. Kep., MNSen_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_1_september_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record