Pengaruh Model PBL Berbasis Engineering Design Process terhadap Keterampilan Berpikir Komputasional Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model PBL berbasis Engineering
Design Process terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa SMP dalam
dalam pembelajaran IPA. Keterampilan berpikir komputasional siswa SMP dalam pembelajaran IPA.
pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen.
desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasional
kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000
yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil uji-t sisi kanan diperoleh nilai thitung ˃ ttabel
(10,374 > 1,998) yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima bahwa
perbandingan terdapat nilai rata-rata yang lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas
kelas kontrol. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model
Model PBL berbasis Engineering Design Process berpengaruh secara signifikan terhadap
signifikan terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa SMP dalam pembelajaran IPA.