Show simple item record

dc.contributor.authorHARTONO, Fershanda
dc.date.accessioned2025-08-19T03:35:21Z
dc.date.available2025-08-19T03:35:21Z
dc.date.issued2025-03-13
dc.identifier.nim210210104047en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127945
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 19 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran IPA merupakan suatu proses pembelajaran yang dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa sehingga memungkinkan siswa mengembangkan berbagai keterampilan, termasuk keterampilan berpikir kreatif. Pembelajaran IPA bertujuan untuk tidak hanya memahami teori, tetapi juga menerapkannya dalam konteks nyata, yang akan memperkuat keterampilan siswa dalam memecahkan masalah secara logis dan sistematis. Dalam era perkembangan teknologi yang semakin pesat dan dinamis, pembelajaran IPA diharapkan mampu membekali siswa dengan pengetahuan yang mendalam sehingga mereka dapat bersaing dan beradaptasi dengan berbagai tantangan yang muncul. Hal ini menjadi semakin penting terutama dalam mengasah keterampilan berpikir kreatif yang memungkinkan siswa untuk menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam konteks global. Keterampilan berpikir kreatif adalah keterampilan menghasilkan ide baru yang unik dan memandang masalah dari berbagai sudut pandang. Namun, sebagian besar siswa memiliki tingkat kreativitas rendah, yang ditandai dengan jawaban seragam dan kurangnya inovasi dalam mengaitkan materi IPA dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya keterampilan berpikir kreatif disebabkan oleh pembelajaran IPA yang monoton, penggunaan metode konvensional, serta bahan ajar seperti LKPD yang tidak melatih indikator berpikir kreatif. Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran yang fokus pada kemandirian siswa dan cara berpikirnya melalui penggunaan bahan ajar berbasis teknologi, seperti E-LKPD. E-LKPD berbasis STEM dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi IPA SMP. Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk mengkaji validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menerapkan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subyek utama penelitian yang dilakukan adalah siswasiswi SMP Negeri 3 Rambipuji tahun ajaran 2024/2025. Validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 dosen Pendidikan IPA Universitas Jember dan 1 guru IPA SMP Negeri 3 Rambipuji. Kepraktisan dapat diukur melalui lembar observasi keterlaksanaan yang dilakukan oleh 3 observer selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Keefektifan penggunaan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa diukur melalui soal pretest dan posttest dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP diperoleh skor sebesar 93% dengan kriteria sangat valid sehingga dikatakan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA. Kepraktisan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP memperoleh skor sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektifan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP memperoleh skor N-gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang dan berdasarkan angket respon siswa memperoleh skor sebesar 87% dengan kategori sangat baik yang berarti E-LKPD berbasis STEM tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis STEM sangat valid, sangat praktis, dan cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectSTEM (Science, Technology, Enginerring, and Mathematics).en_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kreatien_US
dc.titlePengembangan E-LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran IPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record