dc.contributor.author | SOLEHA, Mar’atus | |
dc.date.accessioned | 2025-08-13T07:21:26Z | |
dc.date.available | 2025-08-13T07:21:26Z | |
dc.date.issued | 2024-11-29 | |
dc.identifier.nim | 200210301114 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127886 | |
dc.description | Reva; Finalisasi oleh Taufik_Dinda Tgl 13 Agustus 2025 | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk edukasi berupa media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi thunkable pada materi entitas bisnis (studi kasus kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto yang layak dan menarik. Metode pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I yaitu model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Model ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap definition, tahap design, tahap development, dan tahap implementation. Akan tetapi penelitian ini baru sampai pada tahap development saja. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi thunkable dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: 1) Hasil validasi oleh ahli materi I sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan validator ahli materi II sebesar 96%. dengan kategori sangat layak. 2) Hasil validasi dari ahli media I sebesar 88% dengan kategori sangat layak dan hasil validator ahli media II sebesar 88% dengan kategori sangat layak. (2) Hasil kemenarikan media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang telah dilakukan proses implementasi produk pada siswa kelas XI memperoleh skor rata-rata sebesar 90,40% dengan kategori sangat menarik. Pengembangan ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi thunkable pada materi entitas bisnis untuk siswa kelas XI SMAN 1 Sumberasih Probolinggo sangat layak dari segi materi dan media, serta sangat menarik. Berdasarkan hal tersebut pengembang menyerahkan kepada pendidik mata pelajaran ekonomi untuk menggunakan media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi thunkable sebagai media pembelajaran. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Pudjo Suharso, M.Si.
Dr. Sukidin, M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PENGEMBANGAN | en_US |
dc.subject | MEDIA PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | ANDROID | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Thunkable pada Materi Badan Usaha (Studi Kasus Peserta didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Sumberasih Probolinggo Tahun Ajaran 2024/2025) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Ekonomi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Pudjo Suharso, M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Sukidin, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | reva | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |