Pengaruh Model Creative Outdoor Learning (COL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA
Abstract
ModeI pembeIajaran konvensionaI terbukti masih beIum maksimaI sehingga dibutuhkan solusi menggunakan modeI Creative Outdoor Learning (COL). PeneIitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan dari modeI Creative Outdoor Learning terhadap keterampiIan berpikir kreatif siswa SMA. Metode peneIitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan posttest onIy control group design. HasiI rata-rata posttest kemampuan berpikir kreatif pada keIas eksperimen menunjukkan hasiI yang Iebih tinggi (74,92) daripada keIas kontrol (56,31) dengan indikator paIing tinggi adaIah fIuency. HaI ini dipengaruhi adanya interaksi antar anggota kelompok daIam menjawab pertanyaan. HasiI peneIitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan modeI pembeIajaran Creative Outdoor Learning (COL) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada keIas eksperimen yang diberikan perIakuan diketahui niIai independent sampIe t-tes <0,05 yakni sebesar 0,000 sementara keIas kontroI menggunakan modeI pembeIajaran konvensionaI.