Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek, dan Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopixel Tidar Jember
Abstract
Seiring perkembangan zaman membuat konsumen tidak berhenti untuk
mencari pengalaman baru dengan mencoba bisnis baru yang bermunculan. Hal ini
mendorong pelaku bisnis membangun bisnisnya karena memiliki potensial di
kalangan konsumen. Bisnis yang berkembang pesat saat ini adalah kafe. Kafe
menjadi sangat populer dan sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern di
Indonesia. Salah satu bisnis kafe yang berada di Kota Jember adalah Kopixel Tidar.
Kopixel Tidar adalah sebuah kafe di Kota Jember yang sering menjadi piihan
konsumen untuk bersantai maupun bekerja. Kopixel Tidar dikenal dengan desain
interior dan eksterior yang mengusung tema modern luxury minimalis dengan
konsep gaya eropa
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data diperoleh
melaui data primer dan sekunder. Teknik penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling. Kriteria responden yaitu
Responden berusia minimal 17 tahun dan responden yang pernah berkunjung dalam
3 bulan terakhir di Kopixel Tidar Jember. Penyebaran kuesioner secara online dan
offline. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda
dengan bantuan software SPSS 30.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Inovasi Produk berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) Citra Merek berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian. 3) Cafe Atmosphere berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian.