Hubungan Antara Pelaksanaan Program "Gerakan Sekolah Mengaji" dengan Karakter Integritas Siswa SD Se-Kecamatan Padang Lumajang
Abstract
Pendidikan karakter menjadi isu utama dalam pendidikan formal di Indonesia. Integritas sebagai salah satu nilai inti perlu dibangun sejak dini. Kabupaten Lumajang melalui program Gerakan Sekolah Mengaji (GSM) berupaya untuk memperkuat pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Program ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius yang diharapkan dapat membentuk karakter integritas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara pelaksanaan program GSM dengan karakter integritas siswa sekolah dasar di Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang yang meliputi kejujuran, kesantunan, dan cinta kebenaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 184 responden dari 23 sekolah dasar di Kabupaten Padang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson product moment dan regresi linier dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan program GSM dengan karakter integritas siswa sekolah dasar di Kabupaten Padang. Siswa yang terlibat aktif dalam program GSM menunjukkan peningkatan pada aspek kejujuran dan kesantunan dibandingkan dengan siswa yang tidak terlibat. Program GSM memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan karakter integritas siswa. Program ini memperkuat pembiasaan nilai-nilai keagamaan yang erat kaitannya dengan nilai-nilai integritas.