Kualitas Pelayanan Rawat Inap di Puskesmas Ngadirojo Kabupaten Pacitan
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya isu yang penulis temukan di Ngadirojo yang belum puas terhadap pelayanan kesehatan rawat inap yang diberikan oleh petugas. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan rawat inap di Puskesmas Ngadirojo Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi dan wawancara kepada tenaga medis dan pasien yang berada di puskesmas Ngadirojo dimana penelitian dilakukan sekitar 1 bulan. Dimana hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara umum Kualitas Pelayanan di puskesmas Ngadirojo sudah berjalan dengan baik, di semua indikator yang mencakupi bukti langsung (Tangibles), kehandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Namun, masih perlunya peningkatan terutama di dimensi daya tanggap (Responsiveness) yang masih belum memenuhi harapan pasien sebagai penerima layanan.