Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Vulkanisme Siswa SMA
Abstract
Pendidikan saat ini telah memanfaatkan perangkat seperti handphone, komputer, dan internet sebagai media pembelajaran. Permasalahan pembelajaran yang ditemukan yaitu media geografi yang digunakan di kelas kurang interaktif. Media masih berupa buku paket, artikel dan peta konvensional. Guru dan siswa membutuhkan media yang telah dilengkapi gambar, animasi, video, audio dan peta yang dapat diakses secara online dan offline. Penelitian ini bertujuan mengetahui kevalidan dan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi vulkanisme siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif vulkanisme Articulate Storyline 3 versi web dan aplikasi android memenuhi kriteria valid dan praktis, sehingga media dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.