Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di TK Al-Istiqlal Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Al-Istiqlal Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data berdasarkan pada pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan mungkin hampir sama yang dilakukan oleh kepala sekolah lainnya. Di TK Al-Istiqlal ini kepala sekolah mengikuti diklat penguatan kepala sekolah selama 1 bulan, mengadakan study banding untuk guru, mengikuti workshop, pelatihan guru, fasilitas sarana prasarana yang memadai, serta tetap menjaga lancarnya komunikasi baik dengan pihak yayasan, guru dan juga orang tua.