• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Antisipasi Siswa SMP Peraih Medali dalam Memecahkan Masalah Olimpiade Sains Nasional Topik Geometri

    Thumbnail
    View/Open
    Fina Yatul Lusiana_200210101092 (2.466Mb)
    Date
    2024-07-10
    Author
    LUSIANA, Fina Yatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Geometri merupakan salah satu cabang penting dalam matematika yang memberikan pengetahuan mengenai hubungan antara titik, garis, bidang, dan benda-benda ruang serta sifat dan pengukurannya (Amaliyah et al., 2022). Matematika bidang geometri yang diajarkan pada siswa tidak hanya bermanfaat di masa sekarang, tetapi juga sebagai bekal jangka panjang untuk menghadapi pesatnya perkembangan zaman. Selaras dengan pesatnya perkembangan zaman, persaingan global dalam dunia pendidikan juga semakin berkembang. Dalam hal ini, para siswa dituntut untuk memiliki sikap kompetitif serta pemikiran yang kritis dan kreatif dalam memecahkan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah matematika. Partisipasi siswa dalam olimpiade matematika memberikan dampak positif, yaitu tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa, tetapi juga memiliki potensi untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menciptakan solusi untuk masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan kemampuan penalaran logis, keterampilan berpikir kritis, dan kreatif (Rahman et al., 2022). Masalah yang tersaji pada olimpiade matematika terdiri dari berbagai topik pembahasan, karenanya kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki oleh siswa peraih medali tidak menjamin kemampuannya dalam menyelesaikan masalah matematika pada topik geometri. Siswa melakukan proses pemecahan masalah matematika salah satunya pada topik geometri dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki untuk melakukan tindakan mental melalui proses pemahaman di dalam otaknya (Yudianto, 2015). Selain itu, dalam proses tersebut siswa secara aktif mengembangkan pemikiran visual mereka dengan membayangkan gambar geometris yang sesuai dengan masalah dan memvisualisasikan langkah-langkah serta solusi yang mungkin didapat dari gambaran penyelesaiannya. Pada penelitian ini proses antisipasi diartikan sebagai serangkaian tahapan dari tindakan mental dan fisik siswa untuk meramalkan langkah dan solusi dari suatu masalah matematika. Terdapat lima macam antisipasi yaitu, antisipasi impulsif (impulsive anticipation), antisipasi kaku (tenacious anticipation), antisipasi eksploratif (explorative anticipation), antisipasi analitik (analytic anticipation), dan antisipasi terinternalisasi (interiorized anticipation) (Sunardi & Yudianto, 2016). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses antisipasi siswa SMP peraih medali dalam memecahkan masalah olimpiade sains nasional topik geometri. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Jember peraih medali emas, perak, atau perunggu pada olimpiade matematika tingkat regional. Prosedur yang dilakukan pada penelitian ini meliputi kegiatan pendahuluan, pembuatan instrumen penelitian, validasi instrumen, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil dari metode tes adalah uraian jawaban siswa terkait pemecahan masalah matematika. Selanjutnya, dilakukan wawancara semi terstruktur kepada subjek penelitian yang berguna untuk memperoleh data yang lebih akurat terkait proses antisipasi yang dilakukan oleh siswa. Berdasarkan hasil analisis data terkait proses antisipasi siswa peraih medali dalam memecahkan masalah olimpiade sains nasional topik geometri didapat bahwa siswa peraih medali memiliki karakteristik antisipasi yang berbeda-beda. Akan tetapi siswa peraih medali baik itu medali emas, perak, atau perunggu memiliki kecenderungan terhadap antisipasi terinternalisasi yang ditentukan berdasarkan ketercapaian indikator antisipasinya. Hal tersebut juga ditunjukkan oleh proses yang dilakukan siswa saat memecahkan masalah matematika serta wawancara yang telah dilakukan. Antisipasi terinternalisasi pada siswa peraih medali khususnya ditunjukkan dengan menentukan aturan atau prosedur yang dilakukan secara spontan dan beberapa langkah pemecahan masalah yang tidak dijelaskan secara rinci oleh siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127680
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository