Komunikasi Orang Tua dengan Anak dalam Kedisiplinan Belajar di Kelompok B1 TK Dharma Indria II Jember
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kedisiplinan belajar anak di kelompok B1 yang masih kurang. Hal ini terlihat dari beberapa anak yang masih telat ketika datang dan pulang sekolah, kurang memperhatikan guru saat kegiatan belajar dan tidak fokus belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi orang tua dengan anak dalam kedisiplinan belajar di kelompok B1 TK Dharma Indria II Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kelompok B1 dengan mengambil sampel 3 anak yang memiliki kedisiplinan tinggi, sedang, dan rendah. Informan dalam penelitian ini yaitu orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga subjek dengan tingkat kedisiplinan belajar yang berbeda memiliki pola komunikasi yang sama, namun perbedaan cara penyampaian, pesan yang disampaikan dan seberapa sering melakukan komunikasi dapat mempengaruhi kedisiplinan belajar anak. Adapun faktor yang menyebabkan kedisiplinan belajar anak tidak dapat meningkat yaitu keluarga atau orang tua.