Pengaruh Metode Bermain Estafet Kata Terhadap Kemampuan Membaca Anak kelompok B di RA Perwanida II Cluring Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Kemampuan membaca pada anak usia dini merupakan kegiatan untuk mengoptimalkan kemampuan anak seperti menambah kosakata, meningkatkan pemahaman anak, pola pikir anak, dan melatih kepandaian berkomunikasi. Disini peneliti berupaya untuk tercapainya kemampuan membaca anak dengan melakukan pembelajaran dengan metode bermain yaitu bermain estafet kata. Pola penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental (eksperimental semu) dengan desain “Non-Equivalent Control Grup”. Nilai yang diperoleh setelah perlakuan (Posttest) pada kelompok eksperimen 79,84 dan kelompok kontrol 72,72. Berdasarkan hasil yang diperoleh kelompok dengan adanya perlakuan (eksperimen) mengalami peningkatan lebih baik apabila dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kontrol). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode bermain estafet kata terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di RA Perwanida II Cluring Kabupaten Banyuwangi.