• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional pada Materi Keseimbangan Pasar Siswa Kelas X SMAN Glenmore Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_190210301026_DESTI VIKA ROMADONA.pdf (3.971Mb)
    Date
    2024-07-23
    Author
    ROMADONA, Desti Vika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-modul berbasis Flip Pdf Professional yang layak, menarik dan efektif pada materi keseimbangan pasar untuk siswa kelas X di SMAN Glenmore Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini sampai pada tahap implementasi, meliputi: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi. Tahap validasi melibatkan 2 orang validator (1 orang validator materi dan 1 orang validator desain) untuk menilai kelayakan materi dan kelayakan e-modul. Tahap uji coba melibatkan 10 orang siswa dalam uji kelompok terbatas dan 37 orang siswa dalam kelompok luas untuk melihat daya tarik dan efektivitas e-modul berbasis Flip Pdf Professional. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan setelah melalui validasi dari ahli materi dan ahli desain. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tingkat daya tarik dan efektivitas. Uji efektivitas produk menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil daya tarik uji coba kelompok terbatas yaitu 89,2% termasuk dalam kategori sangat menarik dan pada kelompok luas memperoleh skor 90,81%. Efektivitas e-modul berbasis Flip Pdf Professional ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil pretest dan posttest yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan e-modul dengan nilai signifikansi < 0,05. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak, menarik dan efektif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127624
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository