Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional pada Materi Keseimbangan Pasar Siswa Kelas X SMAN Glenmore Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-modul berbasis Flip Pdf Professional yang layak, menarik dan efektif pada materi keseimbangan pasar untuk siswa kelas X di SMAN Glenmore Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini sampai pada tahap implementasi, meliputi: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi. Tahap validasi melibatkan 2 orang validator (1 orang validator materi dan 1 orang validator desain) untuk menilai kelayakan materi dan kelayakan e-modul. Tahap uji coba melibatkan 10 orang siswa dalam uji kelompok terbatas dan 37 orang siswa dalam kelompok luas untuk melihat daya tarik dan efektivitas e-modul berbasis Flip Pdf Professional. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan setelah melalui validasi dari ahli materi dan ahli desain. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tingkat daya tarik dan efektivitas. Uji efektivitas produk menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil daya tarik uji coba kelompok terbatas yaitu 89,2% termasuk dalam kategori sangat menarik dan pada kelompok luas memperoleh skor 90,81%. Efektivitas e-modul berbasis Flip Pdf Professional ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil pretest dan posttest yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan e-modul dengan nilai signifikansi < 0,05. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak, menarik dan efektif.