Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan assemblr.edu Berbasis Etnomatematika Alat Dapur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Pembelajaran matematika sering dianggap sebagai materi yang sulit dipahami oleh peserta didik karena sifatnya yang abstrak dan kurang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Inovasi dalam pembelajaran, seperti penggabungan teknologi modern dengan kearifan lokal, menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan untuk menjawab permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran Assemblr.edu berbasis etnomatematika alat dapur terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi volume bangun ruang tabung dan kerucut. Media pembelajaran ini memanfaatkan gambar alat dapur berupa cetakan tumpeng (loyang) dan dandang (periuk). Melalui metode penelitian kombinasi sequential explanatory, penelitian ini membandingkan hasil belajar antara kelas eksperimen (menggunakan Assemblr.Edu) dan kelas kontrol (tidak menggunakan Assemblr.Edu). Hasil analisis menunjukkan rata-rata N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,1496 (kategori rendah) artinya pembelajaran tidak efektif dan kelas eksperimen sebesar 0,5098 (kategori sedang) artinya pembelajaran kurang efektif. Berdasarkan nilai N-Gain diketahui bahwa hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas control meskipun penggunaan media Assemblr.Edu dalam proses pembelajaran masih tergolong kurang efektif. Selanjutnya, dilakukan uji Mann Whitney untuk menunjukkan apakah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar di kelas eksperimen. Dari uji Mann Whitney diperoleh bahwasannya nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada data hasil belajar di kelas eksperimen adalah 0,001<0,05 artinya H_0  ditolak dan H_1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah penggunaan media pembelajaran berbantuan Assemblr.Edu berbasis etnomatematika alat dapur. Guna memperkuat hasil uji N-Gain yang menyatakan bahwa penggunaan media kurang efektif maka dilakukan wawancara dan pengisian angket yang menunjukkan bahwa meskipun di beberapa handphone peserta tidak support untuk mendownload aplikasi dan proses mendownloadnya lama, namun peserta didik tertarik jika dalam proses pembelajaran menggunakan Assemblr.Edu, Hal ini mengindikasikan bahwasannya meskipun penggunaan Assemblr.Edu berbasis etnomatematika masih kurang efektif namun tetap memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di MTs Negeri 11 Banyuwangi setelah menggunakan media Assemblr.Edu selama proses pembelajaran berlangsung.