dc.contributor.author | Ika Yuniwati | |
dc.date.accessioned | 2013-12-24T11:50:09Z | |
dc.date.available | 2013-12-24T11:50:09Z | |
dc.date.issued | 2013-12-24 | |
dc.identifier.nim | NIM050210101014 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12757 | |
dc.description.abstract | Pengembangan instrumen penilaian ini menggunakan Model Plomp yang terdiri dari 5 fase. Pada fase investigasi awal diperoleh informasi bahwa guru selama ini belum melakukan penilaian ranah afektif (sikap atau minat) siswa pada mata
pelajaran tertentu khususnya Matematika; siswa cenderung tidak menyenangi materimateri yang berkaitan dengan rumus-rumus seperti luas bangun datar, serta volume bangun ruang; menentukan acuan yang digunakan untuk membuat indicator.
Kegiatan yang dilakukan pada fase desain yaitu menganalisis informasi yang didapatkan pada fase investigasi awal; mencari solusi dengan mengembangkan
instrumen penilaian sikap siswa terhadap geometri; menelaah materi geometri SD, membagi materi geometri menjadi 3 komponen yaitu pengukuran, bangun datar bangun ruang; membuat materi penyetaraan pengetahuan; membuat kisi-kisi dan butir instrumen yang akan divalidasi mahasiswa. Kemudian dilanjutkan fase konstruksi yaitu mengembangkan kisi-kisi yang dibuat menjadi butir instrumen. Fase ketiga yaitu fase tes, evaluasi, dan revisi. Terdapat dua kegiatan utama dalam fase ini yaitu kegiatan validasi dan kegiatan uji coba hasil validasi. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 050210101014; | |
dc.subject | Instrumen Penilaian Sikap,Siswa Sekolah Dasar,Geometri | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI TERHADAP GEOMETRI | en_US |
dc.type | Other | en_US |