dc.contributor.author | ROSYIDAH, Afni Nur | |
dc.date.accessioned | 2025-07-29T06:58:10Z | |
dc.date.available | 2025-07-29T06:58:10Z | |
dc.date.issued | 2025-01-24 | |
dc.identifier.nim | 210210101008 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127579 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Agustus 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia memiliki peringkat yang masih
terbilang bawah, utamanya pada jenjang SMP. Menurut Kie (2016) banyak siswa
yang belum tuntas dalam menyelesaikan soal materi perbandingan, didukung
dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa SMP yang menyatakan bahwa
sebanyak 30% siswa tergolong kategori rendah dan 30% siswa tergolong kategori
sangat rendah sehingga perlu peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada
materi tersebut. Peningkatannya, diperlukan pemecahan masalah matematika dan
penerapan Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran
karena dapat menyadarkan siswa akan pentingnya lingkungan dan tindakan yang
bertanggung jawab (Mulyadiprana et al., 2023). Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran diferensiasi dengan
pemecahan masalah matematika berbasis ESD guna meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa SMP, mengingat pentingnya pembelajaran yang
mengakomodasi perbedaan kemampuan berpikir siswa (Alami et al., 2021;
Andrian, 2024).
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 12 Jember,
pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi perbandingan masih
menggunakan buku paket saja dengan metode ceramah. Pelaksanaan evaluasi pada
pembelajaran juga belum mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu
juga diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa belum sepenuhnya mencapai
ketuntasan minimum. Sehingga diperlukan adanya pengembangan perangkat
pembelajaran diferensiasi dengan pemecahan masalah matematika berbasis ESD
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Thiagarajan
4D yang terdiri dari Define (tahap pendefinisian), Design (tahap perancangan),
Develop (tahap pengembangan), dan Disseminate (tahap penyebaran). Penelitian
ini menghasilkan produk yang diuji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya.
Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar validasi ahli, lembar angket
respons siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar tes hasil belajar.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 12 Jember yang
berjumlah 32 siswa.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid,
praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Perangkat pembelajaran dikategorikan valid setelah dilakukan analisis terhadap
skor validasi yang diberikan ahli. Skor rata-rata validasi perangkat pembelajaran
sebesar 3,92 artinya perangkat yang dikembangkan telah layak untuk digunakan.
Kriteria kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil analisis lembar
angket respons siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Setelah dilakukan
analisis, diperoleh presentase kepraktisan perangkat pembelajaran sebesar 87% dari
angket respons siswa dan 100% dari keterlaksanaan pembelajaran yang tergolong
kategori praktis. Sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh melalui
analisis N-Gain dari skor tes diagnostik dan tes sumatif siswa. Persentase N-Gain
diperoleh sebesar 87% artinya perangkat pembelajaran efektif untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa.
Perangkat pembelajaran telah terbukti menjadi solusi dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa diharuskan menyelesaikan soal-soal
berdasarkan lengkah pemecahan masalah matematika yang juga terikat dengan
indikator berpikir kritis siswa. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang
dikembangkan terbukti efektif mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa SMP utamanya dalam materi perbandingan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing I : Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II : Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Perangkat Pembelajaran Diferensiasi | en_US |
dc.subject | Pemecahan Masalah Matematika | en_US |
dc.subject | Education for Sustainable Development (ESD) | en_US |
dc.title | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Diferensiasi dengan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis ESD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 19 Februari,2025 | en_US |