| dc.contributor.author | HARWANDINI, Ita | |
| dc.date.accessioned | 2025-07-29T06:45:34Z | |
| dc.date.available | 2025-07-29T06:45:34Z | |
| dc.date.issued | 2025-01-14 | |
| dc.identifier.nim | 200210104053 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127574 | |
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Agustus 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu aspek penting bagi siswa di
abad ke-21. Kemampuan berpikir kritis mencakup enam indikator yaitu interpretasi,
analisis, evaluasi, kesimpulan, penjelasan dan pengaturan diri. Kemampuan
berpikir kritis berkaitan dengan kemampuan siswa berpikir melalui penalaran,
mengolah informasi dan membuat keputusan yang tepat. Namun, kenyataannya
pembelajaran saat ini guru kurang melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
Kebiasaan siswa yang cenderung pasif dalam menerima materi menjadikan
kemampuan berpikir siswa tidak berkembang. Faktanya pembelajaran di kelas
masih terfokus pada proses mengingat dan hafalan yang menyebabkan siswa
kurang aktif dan menganggap pembelajaran IPA sulit dan kurang menarik. Hasil
penelitian terdahulu menyatakan bahwa mayoritas siswa pada pembelajaran IPA
memiliki kemampuan berpikir tergolong rendah.
Model pembelajaran guided inquiry disertai LKPD berbasis
multirepresentasi merupakan solusi atas rendahnya kemampuan berpikir kritis
siswa karena setiap tahapan model pembelajarannya mendorong partisipasi siswa
secara aktif melalui proses penemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk
mengkaji pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai LKPD berbasis
multirepresentasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan (2) untuk
mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model
pembelajaran guided inquiry disertai LKPD berbasis multirepresentasi.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian
nonequivalent pretest-posttest control group design. Lokasi penelitian dilaksanakan
di SMP Negeri 1 Tempeh pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas B sebagai kelas ekspeirmen dan kelas C sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis adalah
menggunakan tes berjumlah 6 soal dan data pendukung diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji
normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat kemudian dilakukan uji
Independent Sample t-test dan selanjutnya dilakukan uji N-gain untuk mengkaji
tujuan penelitian kedua.
Hasil analisis data untuk uji normalitas diperoleh data pretest dan posttest
terdistribusi normal dan hasil uji homogenitas untuk kedua kelas bersifat homogen
sehingga dapat dilanjutkan uji Independent Sample t-test untuk tujuan penelitian
pertama dan uji N-gain untuk tujuan penelitian kedua. Berdasarkan hasil analisis
data untuk uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test, diperoleh nilai
Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 dengan 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H𝑎 diterima.
Artinya penerapan model pembelajaran guided inquiry disertai LKPD berbasis
multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa. Hasil analisis data untuk peningkatan yang diuji menggunakan N-gain
diperoleh rata-rata N-gain sebear 0,63 dengan kategori sedang pada kelas
eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,29
yang tergolong dalam kategori rendah.
Berdasarkan uraian hasil analisis data dan pembahasan maka kesimpulan
yang diperoleh (1) model pembelajaran guided inquiry disertai LKPD berbasis
multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa, dan (2) Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah
menggunakan model pembelajaran guided inquiry disertai LKPD berbasis
multirepresentasi | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si
Pembimbing Anggota Dr. Supeno, S.Pd., M.Si., M.C.E. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Guided Inquiry | en_US |
| dc.subject | LKPD | en_US |
| dc.subject | Multirepresentasi | en_US |
| dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry disertai LKPD Berbasis Multirepresentasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA SMP | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Supeno, S.Pd., M.Si., M.C.E. | en_US |
| dc.identifier.validator | Kacung- 19 Februari,2025 | en_US |