Evaluasi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Bina Sehat Jember
Abstract
Rumah sakit menyediakan berbagai macam pelayanan kesehatan termasuk
pelayanan kefarmasian. Tindakan evaluasi mutu pelayanan kefarmasian, seperti
yang diwajibkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 72
Tahun 2016, penting untuk memastikan kepatuhan petugas farmasi terhadap
standar mutu pelayanan. Salah satu metode evaluasi yang dapat dilakukan adalah
metode survei dengan mengukur tingkat kepuasan dari pelayanan kefarmasian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran serta hubungan dari
karakteristik sosiodemografi meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan,
pekerjaan, dan metode pembayaran dengan tingkat kepuasan responden selaku
pengguna layanan farmasi pada instalasi farmasi rawat jalan di Rumah Sakit Bina
Sehat Jember.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif metode cross
sectional. Lokasi penelitian dilakukan di instalasi farmasi rawat jalan milik Rumah
Sakit Bina Sehat. Jumlah sampel penelitian sebanyak 390 orang ditentukan melalui
perhitungan menggunakan rumus slovin dengan margin of error sebesar 5%.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling yaitu
menggunakan purposive sampling. Pengambilan data sampel dilakukan dengan
menggunakan instrumen kuesioner berbasis lima dimensi dari model SERVQUAL
serta menggunakan skala Linkert lima poin, yang telah melalui proses uji validitas
dan reliabilitas. Pengolahan data sampel dilakukan sesuai dengan coding dan tabel
penyajian data yang sudah ditentukan untuk memudahkan proses analisis. Analisis
data dilakukan dengan metode deskriptif untuk mengetahui gambaran umum setiap
variabel penelitian dalam bentuk persentase, tabel, dan diagram batang, serta
metode inferensial untuk mengetahui hubungan antara karakteristik sosiodemografi
responden dengan tingkat kepuasan responden menggunakan uji chi square.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa responden pengguna layanan
farmasi di instalasi farmasi rawat jalan milik Rumah Sakit Bina Sehat didominasi
oleh orang berusia dewasa (19-44 tahun) sebesar 49,6%, berjenis kelamin
perempuan sebesar 60,8%, berpendidikan SMA sebesar 44,9%, sedang tidak
bekerja (pensiunan dan ibu rumah tangga) sebesar 40,8%, serta metode pembayaran
menggunakan BPJS sebesar 90%. Selain itu, tingkat kepuasan responden
didominasi sangat puas sebesar 74,9% serta kepuasan tertinggi berada pada dimensi
jaminan sebesar 92,2%. Hasil analisis inferensial mejelaskan bahwa terdapat
hubungan yang spesifik secara statistik dengan p-value sebesar 0,002 pada karakteristik sosiodemografi responden yaitu tingkat pendidikan dengan tingkat
kepuasan responden.
Collections
- UT-Faculty of Pharmacy [1553]