Pengembangan Media Pembelajaran Proprofs Berbasis Concept Attainment dan Efektivitasnya terhadap Historical Thinking skills dalam Pembelajaran Sejarah
Abstract
Revolusi Industri telah mengubah teknologi media sosial secara signifikan, media sosial sebagai media baru dalam komunikasi cepat tanpa batasan perantara dalam menyebarkan ide-ide terkini. Salah satu media yang mungkin dapat digunakan dalam dunia pendidikan adalah Proprofs mengingat tuntutan teknologi modern, sebuah platform kuis online yang menawarkan banyak fitur menarik, seperti aplikasi pembuat kuis berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat dan menyampaikan kuis yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Proprofs yang telah divalidasi oleh para ahli dan mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan berpikir sejarah siswa. Proses pengembangan dilakukan dengan menggunakan model R&D 4D Thiagarajan dengan skor validasi media, materi dan bahasa berturut-turut sebesar 3,61, 3,69, dan 3,50 yang menunjukkan kualifikasi revisi minor. Hasil tes kelompok kecil pada kelas XI IPS 2 memperoleh nilai sebesar 0,92 masuk dalam kategori Pengaruh Besar, sedangkan tes kelompok besar pada kelas XI IPS 3 memperoleh nilai sebesar 0,96 masuk dalam kategori berpengaruh besar.