dc.description.abstract | Penelitian ini bermula dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa di sekolah tidak terlepas dari kemampuan inteligensi yang dimiliki siswa. Diperkirakan sisw yang memiliki kemampuan inteligensi yang tinggi juga akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula. Namun dalam proses belajar di sekolah sering ditemukan siswa yang tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan inteligensinya. Keberhasilan kehidupan seseorang tidak hanya ditentukan oleh IQ melainkan juga ditentukan oleh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual.Quotient (SQ).
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA
Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient
(EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Hasil Belajar dan manakah diantara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar matematika pada Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA Negeri 4 Tuban Tahun 2008/2009.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Tuban dengan jumlah 105 siswa., dengan rincian kelas XI-A sebanyak 34 siswa, XI-B sebanyak 32 siswa, dan kelas XI-C sebanyak 39 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Analisis Koefisien Korelasi, Uji F, danUji t. | en_US |