Pengaruh Model Experiental Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Kolaborasi Siswa Geografi SMA/MA
Abstract
Model pembelajaran konvensional terbukti masih belum maksimal
sehingga dibutuhkan solusi menggunakan model Experiental Learning dengan
metode outdoor study. Model Experiental Learning merupakan model
pembelajaran yang berbasis pengalaman yang dapat membangun proses
pembelajaran lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji
pengaruh model Experiental Learning berbasis outdoor study terhadap kemampuan
kolaborasi siswa geografi SMA/MA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen dan menggunakan
design Post Test Only Control Goup Design. Penelitian ini mengambil dan
menggunakan data untuk mengukur kemampuan kolaborasi peserta didik dengan
diberikan angket kolaborasi. Hasil penelitian mendapatkan nilai rata-rata pada kelas
kontrol sebesar 41 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86 dengan indikator
paling tinggi kerjasama. Hal ini dipengaruhi adanya koordinasi yang baik dari
peserta didik. Data tersebut diperkuat pada hasil uji Independent Simple T-test
menggunakan nilai kemampuan kolaborasi dengan hasil Sig.(2-Tailed) sebesar
0,000. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model Experiental Learning berbasis
outdoor study terhadap kemampuan kolaborasi.