Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook Materi Potensi Sumber Daya Alam Indonesia pada Pembelajaran Geografi Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan minimnya bahan ajar
yang bersifat variatif dan inovatif serta model pembelajaran yang masih bersifat
konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan
ajar yang interaktif yaitu E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook. Penelitian ini
merupakan Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan
oleh Reiser and Mollanda. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket
validasi ahli, angket respon siswa dan soal hasil belajar. Hasil penelitian yang
dilakukan diperoleh nilai: 1) Penilaian validitas ahli media sebesar 96,8% dengan
tingkat kualifikasi 90-100% dan tingkat kevalidan “Sangat Valid” 2) Penilaian
validitas ahli materi sebesar 98,8% dan 3) Penilaian validitas praktisi pembelajaran
sebesar 96,6%. Hasil uji respon siswa skala kecil sebesar 94,3% dan skala besar
sebesar 95,1%. Hasil belajar diperoleh ketuntasan belajar sebanyak 33 siswa
mencapai nilai >75. Hasil tersebut menunjukkan bahwa respon siswa positif dan
hasil belajar sangat baik terhadap pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis
Heyzine Flipbook Materi Potensi Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA.