Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Media Wizer.me Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA
Abstract
Pembelajaran geografi merupakan pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan dari model pembelajaran dan media ajar yang telah digunakan. Penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat monoton dapat berpengaruh terhadap motivasi siswa untuk belajar. Model pembelajaran yang sering digunakan yaitu model Discovery Learning dengan metode ceramah yang bersifat kurang interaktif sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Wizer.me terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di tingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Post-test Only Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan nilai post-test kemampuan berpikir kreatif pada kelas kontrol 54,40 sedangkan eksperimen 76,83. Sementara, hasil belajar kelas kontrol 42,57 sedangkan eksperimen 76,94. Kesimpulannya yakni terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Learning Cycle 7E berbantuan media Wizer.me terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi, hasil menunjukkan nilai Independent Sample T-test atau nilai Sig (2-tailed) pada kelas eksperimen < 0,05.