dc.contributor.author | SARI, Cindy Indah | |
dc.date.accessioned | 2025-07-18T06:30:44Z | |
dc.date.available | 2025-07-18T06:30:44Z | |
dc.date.issued | 2025-01-06 | |
dc.identifier.nim | 190210204011 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127476 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap nilai sikap sosial pada unit 2 mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Patrang 1 Jember. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPS dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t sampel terpisah menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sebanyak 19,1% antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai thitung > ttabel (14,759 > 2.008). Rata-rata nilai sikap sosial kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai sikap sosial siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Think Pair Share (TPS) | en_US |
dc.subject | Sikap Sosial | en_US |
dc.subject | Pendidikan Pancasila | en_US |
dc.subject | Kurikulum Merdeka | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas IV SDN Patrang 1 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |