Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Cindy Indah
dc.date.accessioned2025-07-18T06:30:44Z
dc.date.available2025-07-18T06:30:44Z
dc.date.issued2025-01-06
dc.identifier.nim190210204011en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127476
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap nilai sikap sosial pada unit 2 mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Patrang 1 Jember. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPS dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t sampel terpisah menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sebanyak 19,1% antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai thitung > ttabel (14,759 > 2.008). Rata-rata nilai sikap sosial kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai sikap sosial siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectThink Pair Share (TPS)en_US
dc.subjectSikap Sosialen_US
dc.subjectPendidikan Pancasilaen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas IV SDN Patrang 1 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Sien_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record