• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Kelompok A di Paud Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    Watermark Repository Unej Skripsi Bani Kamilawati 190210205042.pdf (2.460Mb)
    Date
    2023-08-07
    Author
    KAMILAWATI, Bani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kognitif ialah satu di antara 6 aspek perkembangan yang harus distimulasi dari sejak dini. Perkembangan kognitif khususnya memahami konsep bilangan, penting sejak dini anak dilatih, supaya kedepannya anak mampu memecahkan masalah yang mereka hadapi. PAUD Terpadu Al Furqan Jember merupakan tempat dilaksanakannya pengamatan dimana ditemukan masalah terkait kemampuan mengenal konsep bilangan yang terbilang kurang. Bersumber dari Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini anak pada aspek kognitif seharusnya diusia 4-5 tahun telah bisa mengenal konsep bilangan. Rendahnya pengenalan konsep bilangan anak, hal ini disebabkan pembelajaran terkait pengenalan konsep bilangan jarang diajarkan, pemakaian media di dalam kelas juga kurang ideal karena satu-satunya cara untuk menyampaikan informasi (materi) yaitu hanya dengan menyatakan dan melafalkan apa yang tertulis di papan tulis. Mengingat keadaan ini, media realia diuji untuk menentukan bagaimana pengaruhnya tentang kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Kelompok A2 ditentukan menjadi kelompok kontrol yang berjumlah 16 anak sedangkan kelompok A3 ditentukan menjadi kelompok eksperimen yang berjumlah 16 anak yang dipakai di penelitin ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yakni: Apakah ada pengaruh antara penggunaan media realia terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di PAUD Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2022/2023? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media realia terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di PAUD Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2022/2023. PAUD Terpadu Al Furqan Jember dipilih sebagai lokasi pengamatan. Siswa kelompok A dari PAUD Terpadu Al Furqan Jember berperan sebagai subjek penelitian. Pola quasi experimental merupakan jenis dipenelitian ini yang berupa non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi. T-test Sample Independent adalah analisis data dimana diaplikasikan pada penelitian kuantitatif ini. Menurut temuan penelitian, media realia berdampak pada anak kelompok A di PAUD Terpadu Al Furqan Jember yang memiliki nilai pretest dengan rerata 53,6 serta posttest 86,5. Berlandaskan hasil perhitungan T-test sampel terpisah melalui SPSS versi 25.0, hasil analisis statistik T-test sampel terpisah pada taraf signifikansi 0,05 atau indeks keandalan 95% didapati nilai p value sejumlah 0,004. Berlandaskan hasil tersebut didapati bahwa p value 0,004 < 0,05, jadi H_a diterima dan H_0 ditolak yakni diartikan kemampuan anak kelompok A dalam mengenal konsep bilangan dipengaruhi oleh penggunaan media realia. Beberapa usulan yang dapat dibagikan ke guru yaitu dengan menerapkan media realia anak dapat mempelajari dan memahami sebuah bilangan dengan pengalaman belajar yang baru dan menyenangkan. Rekomendasi selanjutnya adalah agar kepala PAUD dapat memakai media realia menjadi referensi media pembelajaran terkait pengenalan konsep bilangan kepada anak.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127470
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15644]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository