Show simple item record

dc.contributor.authorARIFA, Nurul
dc.date.accessioned2025-07-18T03:12:06Z
dc.date.available2025-07-18T03:12:06Z
dc.date.issued2023-07-28
dc.identifier.nim161510601158en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127465
dc.descriptionValidasi_firli_15_Juli_25en_US
dc.description.abstractRengginang merupakan makanan tradisional sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari bahan baku utama nasi ketan yang dikeringkan secara manual dengan cara dijemur dibawah sinar matahari. Agroindsutri “Syarifah” merupakan salah satu produsen makanan rengginang yang didirikan sekitar tahun 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis dan alternatif strategi pengembangan yang tepat untuk diterapkan oleh agroindustri “Syarifah”. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitik. Metode pengambilan contoh menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan menggunakan metode deskriptif, analasis IFE (Internal Factors Evaluation), EFE (External Factors Evaluation), IE (Internal-External) Matriks, SWOT Matrix, dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Bisnis Model Canvas yang dijalankan Agroindustri Rengginang “Syarifah” memiliki sembilan elemen yakni sebagai berikut Customer segments yang terdiri dari segmen pelanggan dalam kota dan luar kota Situbondo; Value proposition yakni produk menggunakan bahan baku pilihan, kemasan terdapat No. PIRT 2.15.3512.01.0307.20, varian rasa beragam dan tanpa bahan pengawet; Channels terdiri dari direct selling dan reseller; Customer relationship yakni langsung dillayani oleh pemilik dan layanan delivery; Revenue stream yakni penjualan pada produk rengginang; Key resources terdiri dari bahan baku, peralatan dan tenaga kerja; Key activities terdiri dari produksi rengginang dan pemasaran; Key partnership yakni supplier bahan baku dan reseller; Cost structure terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel; (2) berdasarkan hasil analisis QSPM dapat diketahui bahwa alternatif strategi yang diprioritaskan untuk diimplementasikan pada agroindustri “Syarifah” yakni mempertahankan kualitas produk rengginang dengan nilai TAS sebesar 6,71.en_US
dc.description.sponsorshipIllia Seldon Magfiroh SE., MP.en_US
dc.publisherFakultas Pertanianen_US
dc.subjectRengginangen_US
dc.subjectBusiness Model Canvasen_US
dc.subjectManajemen Strategien_US
dc.subjectAgroindustrien_US
dc.titlePerancangan Business Model Canvas (BMC) pada Produk Rengginang di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo (Studi Kasus : Agroindustri "Syarifah")en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiAgribisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Illia Seldon Magfiroh SE., MP.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_15_Juli_25en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 18en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record