Pengembangan E-LKPD Berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada Materi Prisma untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya geometri dalam pembelajaran
matematika SMP yang memiliki porsi terbesar (41%) dibandingkan materi lainnya.
Namun, kemampuan geometri peserta didik masih menjadi tantangan dalam
penguasaannya, terlihat dari hasil penyelesaian soal geometri yang masih tergolong
rendah pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi yang hanya
mencapai 17,65%. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman prinsip-prinsip
geometri yang mengakibatkan peserta didik melakukan kesalahan saat
menyelesaikan permasalahan geometri. Pengembangan bahan ajar menjadi solusi
dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan E-LKPD
berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada materi prisma. GeoGebra
dipilih karena menyediakan fitur visualisasi geometri 2D dan 3D, sedangkan
Augmented Reality berguna untuk memvisualisasikan bentuk prisma secara 3D
yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang melalui smartphone pada aplikasi
GeoGebra 3D Calculator, sehingga membantu peserta didik memahami bentuk,
unsur-unsur, jaring-jaring, luas permukaan, dan volume prisma secara lebih
konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbantuan
GeoGebra dengan Augmented Reality pada materi prisma untuk meningkatkan
kemampuan geometri peserta didik yang valid, praktis, dan efektif di SMP Negeri
4 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
menggunakan model 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define) meliputi
analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, dan
spesifikasi tujuan pembelajaran, tahap perancangan (design) meliputi pemilihan
media berupa GeoGebra Book, pemilihan format, dan rancangan awal, kemudian
tahap pengembangan (develop) yang meliputi tahap validasi oleh dua dosen program studi Pendidikan Matematika serta guru dan uji coba kelompok kecil
kepada peserta didik kelas IX A untuk menguji keefektifan dan kepraktisan ELKPD, kemudian tahap terakhir setelah produk E-LKPD dan instrumen valid,
praktis, dan efektif adalah tahap penyebaran (disseminate) yang dilakukan dengan
menyebarkan E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada
materi prisma di sekolah SMPN 4 Jember serta akan dipublikasikan pada halaman
web GeoGebra peneliti, YouTube, dan media sosial lainnya.
Subjek penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas IX A yang mengakses
E-LKPD secara online menggunakan kombinasi laptop dan smartphone, dengan
penyesuaian yang dilakukan untuk memastikan efektivitas pembelajaran bagi
seluruh peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes yaitu
pre-test dan post test. Pre-test diberikan sebelum peserta didik menggunakan ELKPD. Setelah pre-test, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan E-LKPD
yang dikembangkan dan dikerjakan secara berkelompok. Setelah pembelajaran
selesai, dilakukan post-test untuk mengukur kemampuan geometri akhir peserta
didik. Selanjutnya, peserta didik mengisi angket respon melalui Liveworksheets
untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap penggunaan E-LKPD.
Data pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji statistik berbantuan
aplikasi IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk
bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan: (1) Valid, yang divalidasi oleh 3 validator
dengan koefisien validitas 3,66, (2) Praktis dengan rata-rata total
3,29 (82,33%), dan (3) Efektif, berdasarkan uji statistik dengan uji wilcoxon
dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 yang menunjukkan perbedaan
signifikan antara hasil pre-test dan post-test kemampuan geometri peserta didik.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan
Augmented Reality yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung
pembelajaran matematika pada materi prisma dan efektif untuk meningkatkan
kemampuan geometri peserta didik.