• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-LKPD Berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada Materi Prisma untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri

    Thumbnail
    View/Open
    Kholifatul Yuliyanti_210210101083_Pendidikan Matematika.pdf (3.289Mb)
    Date
    2025-01-31
    Author
    YULIYANTI, Kholifatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya geometri dalam pembelajaran matematika SMP yang memiliki porsi terbesar (41%) dibandingkan materi lainnya. Namun, kemampuan geometri peserta didik masih menjadi tantangan dalam penguasaannya, terlihat dari hasil penyelesaian soal geometri yang masih tergolong rendah pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi yang hanya mencapai 17,65%. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman prinsip-prinsip geometri yang mengakibatkan peserta didik melakukan kesalahan saat menyelesaikan permasalahan geometri. Pengembangan bahan ajar menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada materi prisma. GeoGebra dipilih karena menyediakan fitur visualisasi geometri 2D dan 3D, sedangkan Augmented Reality berguna untuk memvisualisasikan bentuk prisma secara 3D yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang melalui smartphone pada aplikasi GeoGebra 3D Calculator, sehingga membantu peserta didik memahami bentuk, unsur-unsur, jaring-jaring, luas permukaan, dan volume prisma secara lebih konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada materi prisma untuk meningkatkan kemampuan geometri peserta didik yang valid, praktis, dan efektif di SMP Negeri 4 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define) meliputi analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran, tahap perancangan (design) meliputi pemilihan media berupa GeoGebra Book, pemilihan format, dan rancangan awal, kemudian tahap pengembangan (develop) yang meliputi tahap validasi oleh dua dosen program studi Pendidikan Matematika serta guru dan uji coba kelompok kecil kepada peserta didik kelas IX A untuk menguji keefektifan dan kepraktisan ELKPD, kemudian tahap terakhir setelah produk E-LKPD dan instrumen valid, praktis, dan efektif adalah tahap penyebaran (disseminate) yang dilakukan dengan menyebarkan E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada materi prisma di sekolah SMPN 4 Jember serta akan dipublikasikan pada halaman web GeoGebra peneliti, YouTube, dan media sosial lainnya. Subjek penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas IX A yang mengakses E-LKPD secara online menggunakan kombinasi laptop dan smartphone, dengan penyesuaian yang dilakukan untuk memastikan efektivitas pembelajaran bagi seluruh peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes yaitu pre-test dan post test. Pre-test diberikan sebelum peserta didik menggunakan ELKPD. Setelah pre-test, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan E-LKPD yang dikembangkan dan dikerjakan secara berkelompok. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan post-test untuk mengukur kemampuan geometri akhir peserta didik. Selanjutnya, peserta didik mengisi angket respon melalui Liveworksheets untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap penggunaan E-LKPD. Data pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji statistik berbantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan: (1) Valid, yang divalidasi oleh 3 validator dengan koefisien validitas 3,66, (2) Praktis dengan rata-rata total 3,29 (82,33%), dan (3) Efektif, berdasarkan uji statistik dengan uji wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 yang menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test kemampuan geometri peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran matematika pada materi prisma dan efektif untuk meningkatkan kemampuan geometri peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127441
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository