Show simple item record

dc.contributor.authorMARINATA, Bangun
dc.date.accessioned2025-07-15T23:13:24Z
dc.date.available2025-07-15T23:13:24Z
dc.date.issued2023-07-26
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.nim160210204070en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127371
dc.descriptionValidasi_firli_15_Juli_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 16 Juli 2025en_US
dc.description.abstractModel problem based learning adalah seperangkat model mengajar yang menggunakan permasalahan sebagai suatu konteks dan dihadapkan ke siswa untuk merangsang kemampuan dan mengembangkan keterampilan, materi, pengaturan diri agar siswa dapat berfikir kritis dan kreatif, dapat beradaptasi terhadap perubahan dan kemampuan evaluasi diri. Permasalahan yang sering ditemui guru pada saat proses pembelajaran berlangsung adalah aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran masih rendah, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Dalam hasil belajar diperoleh skor dari 27 siswa hanya 11 siswa yang mencapai nilai standar ≥ 70, sedangkan 8 siswa mendapatkan nilai yang cukup, dan 8 siswa mendapatkan nilai dibawah 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu diterapkan model pembelajaran problem based learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 6 Panas dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V di SDN Mojojejer 1 Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SDN Mojojejer 1 Jombang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan tema Panas dan Perpindahannya. Adapun subjek dalam penelitian adalaj siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan alokasi waktu 4 x 35 menit. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 20% pada siklus I dari 68% menjadi 88% (aktif), sedangkan pada siklus II naik 8% menjadi sebesar 96% (sangat aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa kelas V Mojojejer Jombang juga mengalami peningkatan skor rata- rata pada siklus I sebesar 3% menjadi 65 (cukup) dan siklus II naik 9% menjadi 74 (baik). Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang ingin disampaikan yaitu guru mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang menggunakan model problem based learning. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian menyiapkan rancangan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekolah, serta dapat mengembangkan metode pembelajaran yang bervariasi agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.description.sponsorshipIbu Agustiningsih, S.Pd., M.Pd., Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.titlePenerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya SDN Mojojejer 1 Jombangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_15_Juli_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record