dc.contributor.author | MARINATA, Bangun | |
dc.date.accessioned | 2025-07-15T23:13:24Z | |
dc.date.available | 2025-07-15T23:13:24Z | |
dc.date.issued | 2023-07-26 | |
dc.identifier.issn | issn | |
dc.identifier.nim | 160210204070 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127371 | |
dc.description | Validasi_firli_15_Juli_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 16 Juli 2025 | en_US |
dc.description.abstract | Model problem based learning adalah seperangkat model mengajar yang
menggunakan permasalahan sebagai suatu konteks dan dihadapkan ke siswa
untuk merangsang kemampuan dan mengembangkan keterampilan, materi,
pengaturan diri agar siswa dapat berfikir kritis dan kreatif, dapat beradaptasi
terhadap perubahan dan kemampuan evaluasi diri. Permasalahan yang sering
ditemui guru pada saat proses pembelajaran berlangsung adalah aktivitas dan hasil
belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa
terhadap pembelajaran masih rendah, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa yang rendah. Dalam hasil belajar diperoleh skor dari 27 siswa hanya 11
siswa yang mencapai nilai standar ≥ 70, sedangkan 8 siswa mendapatkan nilai
yang cukup, dan 8 siswa mendapatkan nilai dibawah 70. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut maka perlu diterapkan model pembelajaran problem based
learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 6 Panas dan
Perpindahannya pada Siswa Kelas V di SDN Mojojejer 1 Jombang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
dilaksanakan di SDN Mojojejer 1 Jombang pada semester genap tahun ajaran
2022/2023 dengan tema Panas dan Perpindahannya. Adapun subjek dalam
penelitian adalaj siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari
dua siklus dengan alokasi waktu 4 x 35 menit. Hasil dan pembahasan dalam
penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa mengalami
peningkatan sebesar 20% pada siklus I dari 68% menjadi 88% (aktif), sedangkan
pada siklus II naik 8% menjadi sebesar 96% (sangat aktif). Skor rata-rata hasil
belajar siswa kelas V Mojojejer Jombang juga mengalami peningkatan skor rata-
rata pada siklus I sebesar 3% menjadi 65 (cukup) dan siklus II naik 9% menjadi
74 (baik).
Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan model problem based
learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang ingin
disampaikan yaitu guru mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang
menggunakan model problem based learning. Bagi peneliti lain, hendaknya
penelitian menyiapkan rancangan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di
sekolah, serta dapat mengembangkan metode pembelajaran yang bervariasi agar
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | Ibu Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.,
Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | AKTIVITAS BELAJAR | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.subject | PROBLEM BASED LEARNING | en_US |
dc.title | Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya SDN Mojojejer 1 Jombang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis. | en_US |
dc.identifier.validator | Validasi_firli_15_Juli_25 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |