dc.contributor.author | WIDYANINGRUM, Sri Maulina | |
dc.date.accessioned | 2025-07-15T02:17:42Z | |
dc.date.available | 2025-07-15T02:17:42Z | |
dc.date.issued | 2025-01-01 | |
dc.identifier.nim | 200210103100 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127343 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan sosial emosional merupakan aspek kemampuan diri yang
penting untuk dikembangkan pada peserta didik di abad 21. Abad ke-21 telah
memasuki era globalisasi yang ditandai dengan mudah dan cepat nya segala
informasi dari teknologi untuk menyebar ke berbagai kalangan masyarakat, tidak
terkecuali remaja yang berada di masa sekolah atau biasa disebut siswa. Maraknya
penggunaan teknologi dapat menciptakan dampak negatif jika penggunaannya
dilakukan secara berlebihan dan dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan
sosial emosional siswa. Padahal kemampuan tersebut diperlukan untuk bisa survive
dalam kehidupan. Oleh karena itu, peran orang tua dan guru di sekolah sangat
dibutuhkan dalam memantau perkembangan sosial emosional anak yang semakin
tergerus oleh arus pemakaian media sosial.
Terdapat 5 aspek sosial emosional yang dapat diteliti pada siswa menurut
data dari CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)
yaitu self Awareness (mengenali perasaan sendiri), self-management (pengelolaan
diri), social awareness (kesadaran sosial), relationship skills (kemampuan
berinteraksi sosial), dan yang terakhir responsible decision-making (pengambilan
keputusan bertanggung jawab). Kelima aspek tersebut diketahui dapat ditingkatkan
perkembangan nya melalui sistem model pembelajaran kolaboratif di kelas. Model
pembelajaran kolaboratif melibatkan partisipasi aktif siswa untuk berpendapat dan
bekerja secara tim, sehingga jiwa sosial dan emosional siswa lebih mudah
diekspresikan dan lebih terbentuk selama penerapan model pembelajaran tersebut.
Model pembelajaran kolaboratif yang diterapkan kepada peserta didik
menggunakan tipe Buzz Group.
Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan, Kabupaten
Jember pada bulan Juli 2024. Terdapat satu kelas yang digunakan untuk kebutuhan
penelitian ini, dalam satu kelas tersbeut berisi 23 siswa. Penilaian perkembangan
kemampuan sosial emosional siswa dilakukan menggunakan instrument berupa
lembar kuesioner yang akan diberikan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test)
perlakuan. Data akan dikumpulkan dan diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25. Pengolahan data dilakukan dengan uji t. Uji t merupakan metode statistik
untuk menguji hipotesis perbedaan rata-rata antara 2 kelompok atau populasi. Uji t
yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis uji t sampel berpasangan yang
melibatkan 2 sampel yang sama namun diambil secara berulang di waktu yang
berbeda.
Hasil uji t keseluruhan aspek pada pre-test dan post-test menunjukkan
bahwa signifikasi mendapat nilai <0.001 sehingga nilai tersebut lebih kecil daripada
nilai sig <0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata
antara skor pre-test dan post-test siswa. Adapun untuk hasil analisis uji t pada setiap
aspek kemampuan sosial emosional, diketahui bahwa nilai sig <0,05. Nilai tersebut
memberi kesimpulan bahwa ada pengaruh pada pembelajaran model kolaboratif
terhadap perkembangan kemampuan sosial emosional siswa yang berbasis
Instagram. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Bevo Wahono, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D.
Pembimbing Anggota Prof.Erlia Narulita S.Pd., M.Si., Ph.D. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Social emotional | en_US |
dc.subject | Sosial Emosional Siswa | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Kolaboratif | en_US |
dc.subject | Aplikasi Instagram | en_US |
dc.subject | Materi Virus | en_US |
dc.title | Analisis Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Siswa Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Aplikasi Instagram pada Materi Virus | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Biologi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Bevo Wahono, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Prof.Erlia Narulita S.Pd., M.Si., Ph.D. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 17 Februari,2025 | en_US |