Show simple item record

dc.contributor.authorROMADHONA ZAKIYAH HIDAYAH ROCHMAWATI
dc.date.accessioned2013-12-24T10:41:27Z
dc.date.available2013-12-24T10:41:27Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM040210101003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12732
dc.description.abstractBelajar matematika dapat dipergunakan dalam pembentukan pola pikir dalam pemahaman suatu pengertian maupun dalam penalaran suatu hubungan diantara pengertian-pengertian itu. Dalam pembelajaran matematika, para siswa dibiasakan untuk memperoleh pemahaman melalui pengalaman tentang sifat-sifat yang dimiliki dari sekumpulan objek. Proses belajar mengajar hendaknya selalu mengikutkan siswa secara aktif guna mengembangkan kemampuan-kemampuan siswa antara lain kemampuan mengamati, menginterpretasikan, meramalkan, mengaplikasikan konsep, merencanakan dan melaksanakan serta mengkomunikasikan hasil penemuannya. Pengajaran Matematika di SMP Negeri 1 Rambipuji, khususnya pada kelas VIIB masih berpusat pada guru, sehingga komunikasi yang terjadi lebih banyak bersifat searah yakni hanya guru yang sering berbicara, sehingga praktis siswa lebih banyak diam. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi Matematika kelas VIIB SMPN 1 Rambipuji menyatakan bahwa proses pembelajaran Matematika yang dilakukan selama ini lebih sering menggunakan model ceramah. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penerapan model Elaborasi ini serta apakah akan memberikan hasil yang memuaskan apabila diterapkan pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan permasalahan adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran Model Elaborasi pada Pokok Bahasan Segi Empat Siswa Kelas VIIB SMPN 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2008/2009? (2) Apakah terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa pada Pokok Bahasan Segi Empat Siswa Kelas VIIB SMPN 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2008/2009? Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam kegiatan penelitian tersebut adalah (1) Mengetahui penerapan pembelajaran Model Elaborasi pada Pokok Bahasan Segi Empat Siswa Kelas VIIB SMPN 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2008/2009 (2) Mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa pada Pokok Bahasan Segi Empat Siswa Kelas VIIB SMPN 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2008/2009. Pembelajaran kooperatif dengan model Elaborasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan karena tanpa selalu dituntun oleh guru yaitu dengan cara membuat rangkuman yang kemudian dapat dimengerti tahap demi tahap oleh siswa sehingga tidak akan cepat hilang dari ingatan, serta dapat meningkatkan kreatifitas siswa untuk memecahkan problem dalam penyelesaian soalsoal lembar kerja siswa yang telah diberikan secara mandiri. Selain itu,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101003;
dc.subjectPembelajaran Matematika Model Elaborasi,Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELABORASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB POKOK BAHASAN SIFAT DAN BESARAN-BESARAN SEGI EMPAT SISWA KELAS VIIB SMPN 1 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record