Show simple item record

dc.contributor.authorNINGTYAS, Hilda Eka
dc.date.accessioned2025-07-14T04:26:04Z
dc.date.available2025-07-14T04:26:04Z
dc.date.issued2025-01-13
dc.identifier.nim210210101056en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127328
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan berpikir kreatif berperan penting dalam pembelajaran abad ke21, terutama dalam geometri yang berpotensi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif apabila diajarkan secara inovatif. Akan tetapi, metode pembelajaran yang masih tradisional menyebabkan kurangnya minat dan keterlibatan siswa dalam mempelajari geometri, termasuk pada konsep teorema Pythagoras. Teorema ini merupakan dasar untuk memahami berbagai permasalahan seperti menghitung jarak atau sudut, namun seringkali siswa kesulitan dalam memahami karena sifatnya yang abstrak. Media seperti tangram dapat membantu siswa memahami konsep ini dengan lebih konkret dan menarik. Tangram yang didukung dengan e-modul berbantuan GeoGebra dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. GeoGebra membantu siswa untuk memvisualisasikan dan memanipulasi potongan tangram secara lebih interaktif. Berdasarkan permasalahan di SMPN 1 Ambulu, di mana pembelajaran teorema Pythagoras masih menggunakan lembar kerja tanpa media pendukung, penelitian ini mengembangkan e-modul geometri berbasis tangram. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa e-modul geometri berbasis tangram berbantuan GeoGebra pada materi teorema Pythagoras untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMPN 1 Ambulu. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes kemampuan berpikir kreatif, lembar angket respon pengguna, pedoman wawancara, lembar uji keterbacaan, dan lembar validasi dengan metode pengumpulan data berupa metode angket, tes, dan wawancara. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE meliputi tahap analisis, (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan tahap analisis, SMPN 1 Ambulu menerapkan kurikulum merdeka dengan kemampuan awal siswa yang beragam dan sebagian siswa belum memahami konsep teorema Pythagoras. Tahap kedua yaitu desain terdiri dari perancangan e-modul dan instrumen penelitian. Selanjutnya, Tahap ketiga yaitu pengembangan, e-modul dan instrumen penelitian diselesaikan untuk selanjutnya dilakukan validasi. Setelah produk dinyatakan valid, tahap implementasi dilakukan melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Tahap terakhir yaitu evaluasi, bertujuan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan e-modul. E-modul ini dirancang untuk mendorong kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembuktian teorema Pythagoras menggunakan tangram, serta dilengkapi dengan contoh soal dan latihan soal. Analisis data yang dilakukan meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validasi dilakukan oleh tiga validator untuk menilai kelayakan e-modul dan instrumen dengan hasil validitas e-modul adalah 3,82 dari skor maksimal 4,00 yang masuk kategori valid. Kepraktisan didapatkan dari hasil angket respon pengguna yang diisi oleh siswa dengan presentase kepraktisan angket respon pengguna sebesar 87,28% yang memasuki kategori sangat baik. Keefektifan didapatkan dari hasil skor pre-test dan post-test dengan persentase tafsiran N-Gain sebesar 56% yang berarti cukup efektif. Hasil uji coba di kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol digunakan untuk melihat pengaruh yang signifikan dari implementasi e-modul geometri berbasis tangram terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 (sig. < 0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi e-modul geometri berbasis tangram terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis data maka e-modul telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Susanto, M.Pd. DPA: Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectE-moduleen_US
dc.subjectTangramen_US
dc.subjectTeorema Pythagorasen_US
dc.subjectKemampuan berpikir kreatifen_US
dc.titlePengembangan E-modul Geometri Berbasis Tangram untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagorasen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Susanto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record