Implementasi Bauran Pemasaran Kue Kering pada CV. Mak Enak Jember
Abstract
Usaha industri kue kering merupakan salah satu usaha yang banyak diminati oleh masyarakat dan bahan-bahan pembuatannya yang bisa didapatkan dimana saja sehingga usaha industri kue kering dapat dikatakan sebagai usaha yang mudah untuk dikembangkan. Salah satu usaha industri kue kering yang ada di kota Jember yaitu CV. Mak Enak Jember yang menjual berbagai olahan kue kering dan memiliki produk unggulan kue kacang yang sudah menjadi oleh-oleh khas Jember sejak tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi bauran pemasaran kue kering pada CV. Mak Enak Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Mak Enak Jember telah menerapkan bauran pemasaran 4P yaitu bauran produk yang mengutamakan penggunaan bahan baku yang berkualitas, tidak menggunakan bahan pengawet sehingga menghasilkan produk yang memiliki cita rasa khusus, dan menyediakan berbagai macam varian rasa. Penetapan harga, menerapkan harga murah sehingga dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Bauran tempat dengan memberikan layanan berupa penyediaan area parkir yang luas dan menitipkan produknya pada beberapa toko oleh-oleh di Kabupaten Jember. Bauran promosi yang dilakukan oleh CV. Mak Enak Jember yaitu melalui media sosial, dari mulut ke mulut, dan beberapa kali menyebarkan flayers.