Hubungan Antara Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dengan Sikap Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Sumber daya guru menjadi faktor pendukung utama dalam kesuksesan
pendidikan peserta didik. Pendidik yang kompeten atau profesional mampu
melahirkan generasi-generasi yang cerdas dan berkualitas. Keprofesionalan guru
dalam hal sederhana dapat dilihat melalui sikap yang dilakukan guru sehari-hari
ketika di sekolah. Sikap profesional guru tidak dapat terwujud begitu saja. Hal
tersebut tentunya didukung dengan adanya pengawasan dari pihak berwenang
dalam hal ini yaitu kepala sekolah. Kepala sekolah bertugas sebagai supervisor. Ia
mengemban tugas untuk mengawasi aktivitas yang dilakukan oleh guru ketika di
sekolah. Salah satu jenis supervisi yang dapat digunakan oleh kepala sekolah
dalam rangka mengawasi guru adalah supervisi akademik. Supervisi akademik
adalah bentuk dedikasi kepala sekolah untuk mendukung guru dalam
memperbaiki, mengembangkan, dan meningkatkan pengajarannya kepada peserta
didik. Hal ini berarti bahwa supervisi akademik dapat menjadi salah satu alternatif
yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalitas guru sebagaimana
pendapat yang dikemukakan oleh Sullivan (dalam Aedi, 2014).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pelaksanaan supervisi
akademik kepala sekolah dengan sikap profesional guru. Kondisi supervisi
akademik yang ada di Kecamatan Tegalsari sudah berjalan cukup baik, begitu
juga dengan kondisi sikap profesional guru sekolah dasar negeri sudah cukup
baik, namun hubungan antara keduanya belum diketahui secara pasti dan terdapat
faktor-faktor lain yang menjadi kendala dari kedua hal tersebut. Berdasarkan latar
belakang yang telah dipaparkan dapat disusun rumusan masalah yaitu “adakah
hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan
sikap profesional guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau
tidaknya korelasi antara supervisi akademik kepala sekolah dengan sikap
profesional guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Tegalsari Kabupaten
Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan
metode pendekatan kuantitatif. Desain penelitian korelasi merupakan desain
penelitian yang digunakan untuk mengeksplorasi dan mengukur tingkat
keterikatan antara dua variabel atau lebih tanpa adanya intervensi terhadap data
yang tersedia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumetasi, dan kuisioner. Penelitian ini dilaksanakan pada hari aktif
di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Peneliti menyebar angket supervisi
akademik kepala sekolah dan sikap profesional guru di seluruh sekolah dasar
negeri yang berada di Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Masingmasing sekolah harus mengisi angket tersebut dengan diwakilkan oleh kepala
sekolah dan 2 guru sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis normalitas, linearitas, uji hipotesis, uji koefisien
korelasi, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat
korelasi positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan
sikap profesional guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Tegalsari Kabupaten
Banyuwangi. Hasil uji normalitas dan linearitas menunjukkan bahwa data dari
kedua variabel berdistribusi normal dan linear. Perhitungan nilai dan
pada taraf signifikansi 5% menghasilkan perbandingan > dengan
perolehan nilai 0,535 > 0,297. Hasil analisis data menunjukkan nilai persentase
supervisi akademik sebesar 28,62% terhadap sikap profesional guru, dan 71,38%
sisanya berasal dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.