• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS SUB POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA KELAS VIII SEMESTER GENAP MTsN KEMBANGSAWIT MADIUN TAHUN AJARAN 2007/2008

    Thumbnail
    View/Open
    13_01.pdf (225.9Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Mujib Mudzakir
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Pembelajaran Matematika di Luar Kelas pada sub pokok bahasan luas segititiga kelas VIII semester genap merupakan pembelajaran yang memberikan satu upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui pembentukan pemahaman konsep dan minat belajar dengan mengambil peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seharihari. Konsep yang digunakan adalah mencari luas petak sawah yang berbentuk segiempat tak beraturan dengan menggunakan segitiga. Dengan harapan, siswa dapat memanfaatkannya untuk mengukur sawah di lingkungannya masing-masing. Selain sawah, pengalaman pembelajaran ini dapat juga diterapkan untuk obyek-obyek lain misalnya mengukur/mencari luas lapangan, halaman, tanah perumahan, dll. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan tindak lanjut dari penelitian tentang pembelajaran matematika di luar kelas yang sebelumnya sudah dikembangkan oleh peneliti lain dengan pokok bahasan yang berbeda. Kajian utama penelitian ini adalah aktivitas siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika di luar kelas. Subyek penelitian adalah 40 siswa kelas VIIIC MTsN Kembangsawit Madiun, terdiri atas 23 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15, 16, 19, 22, dan 26 Mei 2008 yang meliputi observasi, tes pendahuluan, pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas, dan tes akhir siklus. Pembelajaran dilakukan di dalam kelas dahulu untuk pemberian materi, kemudian dilanjutkan dengan pengamatan di luar kelas yaitu di area persawahan, dan diakhiri dengan pengolahan data dan presentasi laporan pengamatan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran di luar kelas akan menjadi pembelajaran yang menarik diikuti apabila guru dapat menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan situasi dan kondisi siswa. Aktivitas siswa menjadi poin penting dalam pembelajaran karena hampir seluruh aktivitas didominasi oleh siswa, guru hanya menjadi motivator dan fasilitator. Diharapkan pemahaman konsep terhadap materi pelajaran matematika dibangun dari kebiasaan siswa, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan siswa dalam kehidupan sehari-hari, dan ditemukan oleh siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12720
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository