• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Segi Empat dan Lingkaran Berbasis Etnomatematika Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Viga Dwi Oktavia (180210101158).pdf (3.285Mb)
    Date
    2025-01-13
    Author
    OKTAVIA, Viga Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya temuan peneliti bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam menerjemahkan soal yang berbasis masalah dan hanya mampu mengerjakan masalah rutin. Salah satu yang masih dianggap sulit oleh siswa yaitu menyelesaikan permasalahan geometri. Dalam matematika kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa, dengan representasi siswa akan terbantu dalam menyelesaikan masalah. Representasi matematis merupakan suatu kemampuan dasar yang dimiliki siswa dalam mengungkapkan pemikiran ide atau gagasan matematisnya dengan berbagai cara yang digunakan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Permasalahan geometri akan melibatkan kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikannya. Salah satu materi geometri yang telah diajarkan pada kelas VIII dan masih dianggap sulit yaitu bangun datar segi empat dan lingkaran. Seringkali geometri dikaitkan dengan permasalahan sehari-hari, sehingga permasalahan yang berbasis etnomatematika cocok untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah segi empat dan lingkaran berbasis etnomatematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A SMP Al Hasan Panti. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas lembar tes kemampuan representasi dan pedoman wawancara. Instrumen tes dan pedoman wawancara divalidasi oleh dua validator, yakni dua dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Jumlah subjek sebanyak tiga siswa yang masing-masing diambil satu dari setiap kategori kemampuan geometri yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes, kemudian kegiatan wawancara digunakan untuk menggali data lebih mendalam. Teknis analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Analisis kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan hasil tes dan wawancara. Pengecekan keabsahan data terhadap hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan data yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII terbagi menjadi tiga kategori, yaitu memiliki kemampuan representasi matematis yang tinggi, sedang, dan rendah. Siswa yang tergolong memiliki kemampuan geometri yang tinggi di kelas ternyata memiliki kemampuan representasi matematis yang tinggi. Kemampuan representasi matematis siswa yang tinggi tercapai ketika memenuhi tiga indikator, yaitu kemampuan representasi visual, persamaan, dan kata-kata. Siswa yang tergolong memiliki kemampuan geometri yang sedang di kelas juga memiliki kemampuan representasi matematis yang sedang. Kemampuan representasi matematis siswa yang sedang tercapai ketika memenuhi dua indikator, yaitu kemampuan representasi visual dan persamaan. Siswa yang tergolong memiliki kemampuan geometri yang rendah di kelas, kemampuan representasi matematisnya juga rendah. Kemampuan representasi matematis siswa yang rendah tercapai ketika memenuhi satu indikator, yaitu kemampuan representasi visual. Indikator representasi visual siswa terpenuhi apabila siswa dapat merepresentasikan masalah dalam bentuk sketsa dengan benar untuk memfasilitasi penyelesaian. Indikator representasi persamaan dan ekpresi matematis terpenuhi jika siswa mampu menerjemahkan permasalahan ke dalam rumus matematika dan dapat menyelesaian permasalahan dengan menggunakan simbol matematika dengan benar. Sedangkan indikator representasi kata-kata atau teks tulis terpenuhi apabila siswa dapat menuliskan informasi yang ada pada soal dengan benar, menuliskah langkah-lamgkah penyelesaian benar, serta menuliskan kesimpulan dengan menggunakan kata-kata.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127198
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository